.
Berita Bolmong

Segera Diluncurkan, Semua Anak di Bolmong Harus Kantongi KIA

Segera Diluncurkan, Semua Anak di Bolmong Harus Kantongi KIA Berita Bolmong
Iswan Gonibala
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) segera meluncurkan (Launching) Kartu Identitas Anak (KIA).

“Rencanya 17 Agustus launching. Ibu Bupati akan me-launching langsung,” kata Kepala Disdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala, di kantornya, Senin (13/8/2018).

Launching KIA, kata Iswan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Tahun 2016 Tentang Upaya Perlindungan dan Kepastian Hukum Terhadap Anak Yang Lahir di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saat ini, lanjutnya,  telah tersedia sebanyak 25.000 blangko KIA di kantornya.

“Semua anak di Bolmong harus miliki KIA. Dengan KIA ini kita bisa menjamin keperdataan anak dalam rangka mengurus hak dan kewajiban anak khususnya di daerah Bolmong,” katanya menjelaskan.

KIA diperuntukan untuk setiap anak yang berumur dari 0-16 tahun. KIA juga akan memastikan setiap anak mendapatkan akses pelayanan publik yang lebih mudah.

“Kita nantinya juga akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik). KIA nantinya akan menjadi salah satu persyaratan masuk sekolah. Mulai dari SD, SMP,  SMA/SMK,” pungkasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top