Advertorial

Tahlis Gallang Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Menulis Feature di Bolmong

Tahlis Gallang Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Menulis Feature di Bolmong Advertorial Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG- Pemenang lomba menulis berita feature antar pewarta biro Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang tergabung dalam komunitas Sahabat Jurnalis Bolmong (SJB) diberi hadiah tropi, piagam penghargaan serta uang tunai, Senin (7/9/2020).

Tahlis Gallang Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Menulis Feature di Bolmong Advertorial Berita Bolmong

Penyerahan hadiah lomba yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di bawah pimpinan Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Parman Ginano tersebut, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, bertempat di kantor Diskominfo Bolmong, Desa Lalow, Kecamatan Lolak.

Tahlis Gallang Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Menulis Feature di Bolmong Advertorial Berita Bolmong

Sekda Tahlis yang menyerahkan hadiah tersebut dalam sambutannya mengatakan, dari perlombaan yang digelar itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akhirnya bisa mengetahui beberapa informasi-informasi yang dapat dibadikan sebagai rujukan salam pengambilan kebijakan kedepan.

Tahlis Gallang Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Menulis Feature di Bolmong Advertorial Berita Bolmong

“Perlombaan ini merupakan ruang yang dijadikan teman-teman pewarta untuk menyampaikan banyak informasi lewat tulisan. Jujur selama ini ada beberapa informasi yang sampai kepada kami selaku pemerintah, tapi masih bersifat blank. tapi dengan tulisan yang dikemukakan oleh puluhan teman-teman SJB, banyak informasi yang tentu akan menentukan proses pengambilan kebijakan kedepan baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, maupun di bidang lainnya,” kata Tahlis.

Tahlis Gallang Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Menulis Feature di Bolmong Advertorial Berita Bolmong

Lanjut Tahlis, untuk persoalan siapapun yang menjadi pemenang dalam perlombaan, itu sudah ditentukan lewat proses penilaian yang sangat objektif dan bukan berarti juara 1, 2 dan 3 tersebut kualitasnya lebih tinggi daripada para pewarta lainnya.

“Hanya saja dari perspektif tata penulisannya yang dilihat oleh para juri. Selain itu kemungkinan topik yang diangkat yang mungkin secara kebetulan berhubungan langsung terhadap khalayak masyarakat banyak yang ada di Bolmong. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan dan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa lebih meningkatkan lagi gairah menulisnya untuk lebih baik kedepan,” kata Tahlis.

Sementara, peraih juara pertama lomba menulis feature Arthur Rompis wartawan Tribun Manado membeber, ia tak pernah menyangka tulisannya bisa tembus sebagai juara pertama.

Baca Juga :  Rumah Ibadah di Desa Zona Merah Belum Bisa Dibuka

“Jujur saya tak menyangka bisa juara, karena rata-rata hasil tulisan dari teman-teman pewarta lainnya bagus-bagus. Selain itu jurinya juga sopisticated. Hanya saja hasil dari capaian ini hanya faktor keberuntungan,” terangnya.

“Sata juga turut mengucapkan terima kasih kepada Sekda Bolmong Tahlis Gallang karena telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Selain itu terima kasih juga kepada Kadis Kominfo Parman Ginano dan Rini Pakaya karena telah menginisiasi kegiatan yang sangat positif seperti ini,” tambahnya.

Arthur berharap kegiatan tersebut bisa bekepanjangan, karena menurutnya lomba antar jurnalis yang digagas oleh Diskominfo Bolmong tersebut tak pernah ditemuinya selama ia berkarir sebagai pewarta di daerah manapun.

“Lomba ini merupakan suatu gagasan yang brilian dan merupakan bukti lebih hebat dari daerah lainnya di Sulut. Ini kali pertama yang saya temui, saya sudah keliling Sulut bertugas sebagai wartawan biro dari satu daerah ke daerah lainnya namun tak pernah ada yang seperti ini,” katanya.

“Dengan suksesnya kegiatan ini, Bolmong bisa menjadi yurisprudensi atau rujukan dari daerah-daerah lain untuk percontohan, khususnya di kegiatan serupa seperti ini,” tutupnya.

Sebelumnya pada sabtu 5 September 2020 lalu, tim e-Government Diakominfo Bolmong telah menfasilitasi puluhan pewarta biro Bolmong untuk melakukan Video Conference (Vidcon) dengan para tim penilai. Tepatnya di kafe Djarod, Kelurahan Matali, Kota Kotamobagu.

Dalam Vidcon teraebut, A.S. Laksana saat mengumumkan pemenang lomba mengungkapkan, sangat sulit untuk mengerucutkan tulisan dari peserta hingga menjadi 3 terbaik.

“Semua tulisan sudah baik, sehingga kami Tim Penilai, sangat hati-hati mengerucutkan dari 39 tulisan yang ada, menjadi 7 besar, hingga menjadi 3 besar, sesuai dengan hadiah dan penghargaan yang disiapkan oleh Diskominfo Bolmong,” ucapnya.

Baca Juga :  200 Desa di Bolmong, Baru 80 Desa Cairkan Dandes Tahap I

Perlu diketahui sebelumnya, lomba menulis feature tersebut sudah berlangsung sejak tanggal 15 hingga 26 Agustus 2020. Lomba ini diikuti oleh seluruh pewarta yang bertugas sebagai biro Bolmong dan tergabung dalm komunitas SJB, sementara para jurinya yakni, A. S Laksana (mantan wartawan: penulis dan esais), Hamid Basyaib (Komisaris Utama Balai Pustaka; mantan wartawan penulis dan esais), Yusi. A Pareanom (Mantan wartawan dan Novelis).

Sedangkan para pemenang yakni juara 1, Arthur Rompis wartawan Tribun Manado, juara 2, Rahmat Kadulah wartawan media Instink.net dan juara 3, Viko Karinda wartawan Aspirasi Rakyat. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top