Berita Bolmong

Tahlis Tegaskan Stunting Bukan Persoalan Sepele!

Tahlis Tegaskan Stunting Bukan Persoalan Sepele! Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang, membuka secara langsung kegiatan pertemuan rembuk stunting dan menandatangani komitmen bersama Percepatan Penanganan Stunting, di aula pertemuan, lantai 2 kantor Bupati, Lolak, senin (29/6/2020).

Sekda Tahlis dalam penyampaiannya mengatakan, kegiatan yang sudah menjadi agenda Nasional tersebut merupakan kegiatan yang sangat penting.

Menurut Tahlis, Bolmong dikenal sebagai daerah lumbung beras di Provinsi Sulut. artinya, bahwa sumber pangan utama di Sulut ada di Kabupaten Bolmong, akan tetapi masih mencetak sebanyak 132 anak kategori stunting.

“Persoalan stunting ini bukan persoalan sepele. Dengan masih adanya kasus ini berarti sangat ironis, ini juga membuktikan bahwa masih terjadi kesenjangan sosial diantara masyarakat,” ujar Tahlis.

Menurut Tahlis, Stunting jarang terjadi kepada masyarakat yang kehidupannya sudah sejahtera. Salah satu faktor penyebab terjadinya stunting kata Tahlis, yaitu asupan gizi yang tidak cukup.

“Hal itu bisa saja dipengaruhi oleh faktor ekonomi. Kita harus bekerja bersama, walupun investasi tengah bermunculan di Bolmong, masalah ini tak boleh luput dari perhatian kita. Tak elok jika sumber kekayaan Bolmong berlimpah ruah mulai dari emas, pangan, hasil perkebunan dan pertambangan bahkan ada PT Conch, namun masih banyak anak yang mengalami Stunting,” jelasnya.

Selain tingkat perekonomian dan kesenjangan sosial, Tahlis mengatakan tingkat kepedulian dan toleransi sosial di Bolmong semakin menurun.

“Maka dengan begitu kita perlu berembuk untuk menstrategikan apa saja yang perlu diperbuat, saya juga meminta kepada seluruh camat agar mensosialisasikan kepada para sangadi agar menginstruksikan ke masyarakat untuk memanfaatkan semua lahan tidur yang ada di Bolmong, selain itu harus membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya toleransi dan kepedulian antar sesama,” tandas Tahlis.

Baca Juga :  Menpan-RB Ungkap Tak Ada Penerimaan CPNS 2020

Turut Hadir, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Kepala Bappeda Yarlis Hatam, Kepala Dinas Kesehatan Erman Paputungan. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top