.
Berita Bolmong

Taufik: Bantuan Bibit Jagung dari Provinsi, Bukan Kabupaten

Taufik: Bantuan Bibit Jagung dari Provinsi, Bukan Kabupaten Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Taufik: Bantuan Bibit Jagung dari Provinsi, Bukan Kabupaten Berita Bolmong Berita Daerah

Taufik Mokoginta

BOLMONG- Belum lama ini sejumlah kelompok tani di Kecamatan Dumoga dan Lolayan mengeluhkan kualitas bantuan bibit jagung yang mereka peroleh karena tak bisa dimanfaatkan. Mereka kecewa dan meminta agar Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Bolmong menggantinya dengan bibit baru.

Menjawab keluhan para petani, Kepala Dinas Pertanian Bolmong Taufik Mokoginta mengklarifikasi sekaligus memberi penjelasan soal sumber bantuan bibit tersebut.

Taufik kepada Kronik Totabuan menjelaskan, bantuan bibit jagung yang diterima para kelompok tani bukan berasal dari Dispertanak Bolmong melainkan dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Kami di kabupaten hanya bertindak proaktif mendata, mengusulkan dan memperjuangkan di provinsi agar petani di Bolmong mendapat kuota bantuan bibit jagung yang ada di sana. Jadi jelas sumber bantuan bukan dari kabupaten,” ungkap Taufik, Minggu (3/9).

Lanjut Taufik, setelah kuota bibit dan kelompok penerima diakomodir, Dispertanak Provinsi Sulut kemudian melakukan penyaluran langsung kepada kelompok penerima.

“Tugas Dispertanak Bolmong melalui Petugas Pengawas Lapangan (PPL) hanya mendampingi proses penyalurannya. Ketika ada bibit yang terindikasi atau sudah tidak baik secara kualitas, maka mekanismenya kelompok melapor ke Dispertanak Bolmong dan kemudian kami akan menindaklanjutinya ke provinsi untuk minta diganti,” jelasnya.

“Jadi perlu kami luruskan kepada masyarakat terutama petani, bantuan bibit jagung yang baru saja disalurkan ke petani itu dari provinsi bukan kabupaten. Secepatnya pula kami akan koordinasikan dengan Dispertanak Provinsi masalah ini,” katanya. (rab)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top