Berita Bolmong

Tiga Puskesmas di Bolmong Tunggu Hasil Akreditasi

Tiga Puskesmas di Bolmong Tunggu Hasil Akreditasi Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Tiga Puskesmas di Bolmong Tunggu Hasil Akreditasi Berita Bolmong Berita Daerah

Yulin Papuling

BOLMONG– Tiga Puskesmas di Bolmong  telah disurvei tim akreditasi Kementerian Kesehatan RI belum lama ini. Tiga Puskesmas tersebut di antaranya Puskesmas Tadoy, Inobonto dan Mopuya. Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong saat ini tinggal menunggu hasil survei tim akreditasi.

Menurut Kepala Dinkes Bolmong Yulin Papuling, akreditasi dilakukan dalam rangka evaluasi tiga hal, yakni administrasi, pelayanan kesehatan pribadi dan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kalau tingkatan akreditasi ada empat, yakni dasar atau strata pratama, madya, purnama atau mandiri dan paripurna,” kata Yulin, Sabtu (2/9).

Status akreditasi dapat dipengaruhi ketersediaan dan kelengkapan perbekalan kesehatan, sarana, dan prasarana yang mendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas itu sendiri.

“Pengadaan alat kesehatan guna mendukung proses akreditasi telah dilakukan dan tetap memegang prinsip-prinsip tata kelola yang baik,” ujarnya.

Yulin melanjutkan, akreditasi akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas. “Dengan harapan pelayanan puskesmas akan semakin lebih baik,” jelasnya.

Dinkes akan mengusulkan lagi empat Puskesmas untuk diakreditasi. Masing-masing Puskesmas Pangian, Doloduo, Maelang dan Desa Poigar. Di Bolmong terdapat 17 Puskesmas tersebar di 15 kecamatan. Dari jumlah itu, 11 Puskesmas rawat jalan dan enam Puskesmas rawat inap. (ahr/rab)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top