Berita Bolmong

TP-PKK dan KNPI Bolmong Gelar Sosialisasi Peningkatan Pola Asuh Anak

TP-PKK dan KNPI Bolmong Gelar Sosialisasi Peningkatan Pola Asuh Anak Berita Bolmong
Yasti Soepredjo Mokoagow
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bersinergi dengan KNPI Bolmong, menggelar kegiatan sosialisasi dalam rangka peningkatan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Bolmong.

Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow membuka secara resmi kegiatan yang diselenggarakan di D’Lolak Caffe tersebut, Rabu (10/4/2019).

Yasti dalam sambutanya mengatakan, dengan berdasarkan pedoman yang dikeluarkan oleh TP-PKK Pusat pada tahun 1995 tentang pola asuh anak dan remaja dalam keluarga yaitu, usaha orang tua dalam membina dan mendidik anak, baik jiwa maupun raganya dari sejak lahir sampai 18 tahun.

“Pola asuh yang dimaksud adalah kegiatan kompleks yang meliputi banyak perilaku spesifik, yang bekerja sendiri atau sama-sama yang memberikan dampak pada anak. Karena, tujuan utamanya menciptakan kontrol kepada anak dan remaja,” kata Yasti.

Yasti juga menjelaskan, pola asuh orang tua merupakan sesuatu yang penting, karena melihat karakteristik anak di era digitalisasi sekarang sudah terbilang tidak tepat menggunakan pola asuh otoriter dan permisif.

“Yang tepat untuk digunakan yaitu pola asuh demokratik, karena pola ini menjelaskan tingkat kontrol oarang tua terhadap anak harus propirsional. Dimana, tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu bebas, akan tetapi lebih ke mengedepankan Komunikasi dan adanya sikap terbuka dengan anak,” kata Yasti.

Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar mempersiapkan anak-anak sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai yang baik. Mulai dari keluarga, kesadaran hidup baik, jujur dan bertanggungjawab. Serta memberikan contoh yang benar, karena satu contoh akan lebih bermanfaat dibanding seribu nasehat

“Pada dasarnya anak akan lebih senang mencontoh apa yang dilihatnya. Dengan begitu saya yakin kita dapat mewujudkan anak Bolmong yang semakin Cerdas, hebat, dan maju,” katanya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabuoaten Bolmong Lesly Lanny Kaligis, Bendahara KNPI Bolmong Cheris Harriete Mokoagow, dan jajaran pejabat di Pemkab Bolmong. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top