Berita Bolmong

Tradisi Kulipot Jadi Agenda Tahunan di Bolmong

Tradisi Kulipot Jadi Agenda Tahunan di Bolmong Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Tradisi Kulipot Jadi Agenda Tahunan di Bolmong Berita Bolmong Berita Daerah

Wakil Bupati saat hadiri tradisi Kolipot di Desa Mopait

BOLMONG – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow, Yanny Ronny Tuuk STh MM menegaskan, akan menjadikan agenda tahunan tradisi Kulipot yang dilaksanakan di Desa Mopait Kecamatan Lolayan.

Dijelaskan, Pemerintah Desa dan masyarakat Mopait, telah mengangkat tradisi yang dapat mempertahankan kearifan budaya lokal Mongondow. “Ini kekayaan budaya lokal Bolaang Mongodow yang terlupakan dan sudah 7 tahun berturut turut diangkat kembali oleh masyarakat. Kekayaan yang tidak boleh dibiarkan,” kata Yanny.

Sebagai bentuk keseriusan, Pemkab akan menjadikan tradisi kulipot sebagai icon daerah. “Pemerintah daerah menyatakan kegiatan adat kolipot ini akan dikembangkan dan menjadi icon Bolaang Mongondow,” ujar Yanny didampingi Sekertaris Daerah, Tahlis Galang, Wakil Ketua DPRD Kamran Muchtar dan Abdul Kadir Mangkat.

Bahkan, tahun 2018 mendatang, kolipot akan menjadi agenda resmi daerah yang dibiayai melalui APBD. “Itu juga sudah bicarakan dan kesepakatan dengan Bupati, Sekda, pimpinan DPRD,” jelasnya.

Wabup berharap daerah lainya di Bolmong Raya juga bisa mengangkat tradisi kulipot. “Kami tidak tahu di daerah lainya di Bolmong Raya, tapi seharusnya mengikuti karena ini kekayaan asli Mongondow tidak ditiru atau diambil dari daerah lain. Menu lokal akan ditampilkan semua disetiap ajang seperti ini,” katanya.

Seperti diketahui, tradisi kulipot telah diatur dalam Perdes (Peraturan Desa) sejak tahun 2012 oleh Pemerintah dan masyarakat Desa Mopait. Kegiatan itu bertujuan mengangkat kearifan lokal budaya Bolaang Mongondow dari degradasi budaya asing.

Tradisi kulipot ini juga sebagai sarana menyambung tali silaturahim antar warga masyarakat sesuai dengan filosofi orang Bolaang Mongondow tentang persaudaraan dan kebersamaan.

Perayaan itu dirangkaikan dengan Halal Bil Halal tingkat Kecamatan Lolayan, sehubungan Hari Raya Idul Fitri tahun 1438 Hijriyah. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top