.
Berita Bolmong

Warga Soroti Mobil Damkar Bolmong Hanya Diparkir

Warga Soroti Mobil Damkar Bolmong Hanya Diparkir Berita Bolmong Berita Daerah
Mobil Damkar milik Pemkab bolmong yang diparkir di depan kantor Bupati bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Kendaraan pemadaman kebakaran (Damkar) milik Pemkab Bolmong, tampaknya sudah tidak berfungsi lagi. Padahal, kasus kebakaran di wilayah ini cukup besar dan membutuhkan kesiapan damkar dalam penanaganannya.

Pantauan Kronik Totabuan, tiga unit Damkar hanya terpajang di depan kantor Bupati Bolmong. Otomatis hal ini dapat membuat warga kecewa.

“Baru-baru ini terjadi musibah kebakaran rumah warga di Desa Motabang. Tapi, nyatanya tak ada mobil damkar. Akhirnya rumah tersebut habis terbakar rata tanah. Seharusnya mendengar kabar adanya kebakaran instansi terkait langsung mengerahkan mobil damkar untuk memadamkan api,” tutur sejumlah warga, Jumat (11/5/2018).

Kata dia, Pemkab seharusnya memprioritaskan mobil Damkar dan ditempatkan di sejumlah wilayah. Sebab, Bolmong merupakan daerah terbesar yang sulit dijangkau dengan waktu yang cepat.

“Kalau pun alasanya mobil damkar rusak seharusnya diperbaiki. Bukan hanya jadi pajangan saja di kantor Pemkab. Secepatnya harus ada mobil damkar. Apalagi, wilayah Bolmong tergolong luas,” ungkapnya.

Menanggapi keluhan itu, Kepala Bidang Ketertiban Umum Ketentraman Masyarakat dan Pemadaman, Satpol-PP Soeharyanto Towidjojo mengakui, saat ini oprasional Damkar belum berjalan secara normal.

“Iya benar ada tiga kendaraan Damkar yang sudah tidak bisa digunakan lagi,” katanya.

Namun pihaknya akan mengupayakan pengadaan mobil Damkar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pencegahan terjadinya kebakaran.

“Untuk tahun ini belum ada, karena kondisi keuangan daerah belum stabil. Untuk tahun depan kita upayakan lima unit. Namun yang siap dianggarkan baru satu unit kendaraan,” katanya.

“Jika terjadi lagi peristiwa kebakaran, langkah yang akan dilakukan yakni berkoordinasi dengan BPBD. Untuk saat sekarang ini kita tidak bisa berbuat apa-apa. Apalagi, kondisi kendaraan sekarang sudah rusak. Jika diperbaiki tentu akan memakan anggaran yang besar. Mendingan kita beli mobil Damkar yang baru,” pungkasnya. (rza)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top