WHO Bantu Penanganan Kusta di Bolmong Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
WHO Bantu Penanganan Kusta di Bolmong Berita Bolmong Berita Daerah

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menerima kedatangan Duta Persahabatan WHO.

BOLMONG– Bupati Bolmong Soepredjo Mokoagow menerima kunjungan Duta Persahabatan World Health Organization (WHO) dari Jepang Yohei Sasakawa yang juga President Of Nipon Foundation, Selasa (25/7).

Yasti di hadapan Yohei Sasakawa dan rombongan dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Sulut berterima kasih atas perhatian dunia internasional khususnya Duta Persahabatan WHO untuk penyakit kusta tersebut.

“Saat ini anggaran Pemkab Bolmong untuk penanganan kusta masih kecil. Namun itu tidak mengurangi semangat pemerintah untuk mencari penderita kusta yang tersebar di 15 kecamatan untuk ditanggulangi,” kata Yasti di kantornya.

Sudah menjadi komitmen Pemkab Bolmong  untuk memberantas penyakit kusta.

“Penyakit ini ditengah masyarakat seperti mitos, penyakit kutukan. Sehingga yang mengidap kusta malu untuk berobat. Namun dengan adanya perhatian ini saya akan turun ke desa-desa untuk mengajak warga agar tidak malu berobat.  Ada banyak obat baik bantuan dari Pemerintah Pusat dan WHO melalui duta persahabatan,” ujar Yasti.

Yohei Sasakawa dalam keterangan pers mengatakan, kerjasama dengan Bolmong akan berlanjut sampai penanganan kusta tuntas. ” WHO akan memberikan dana kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan dan bantuan obat diberikan secara gratis,” kata Sasakawa.

Setelah pertemuan, Yasti, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Kepala Dinas Kesehatan Yulin Papuling , Yohei Sasakawa bersama rombongan menemui langsung penderita kusta di Puskesmas Lolanan yang akan menjalani pengobatan. (ahr/rab)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top