Berita Bolmong

WPR Tanoyan Masuk Usulan Musrenbang Desa

WPR Tanoyan Masuk Usulan Musrenbang Desa Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
WPR Tanoyan Masuk Usulan Musrenbang Desa Berita Bolmong Berita Daerah

Jasman Tonggi

BOLMONG– Pemerintah dan masyarakat Desa Tanoyan Utara dan Desa Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan, telah selesai membahas program kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Salah satu program yang menjadi prioritas untuk di ajukan ke Pemkab Bolmong adalah terwujudnya Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) untuk 750 hektare lahan pertambangan emas.

Kepala Desa Tanoyan Selatan, Urip M Detu mengatakan, perjuangan WPR diajukan agar masyarakat bisa tetap melakukan aktivitas pertambangan sebagai mata pencaharian utama. “Kita semua akan perjuangkan WPR agar masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup. Sejak 1983 masyarakat menjadikan tambang tempat mencari nafkah,” kata Urip, Senin (4/12/2017).

Dia menjelaskan, dengan adanya WPR, kegiatan pertambangan akan mudah dikontrol oleh Pemkab, bisa juga memberi manfaat melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pajak untuk daerah serta negara.

“Termasuk sistem pengelolaan yang ramah lingkungan,. WPR juga bisa memberi pemasukan ke daerah melalui PAD atau pajak,” ujarnya.

Senada dikatakan Sangadi Desa Tanoyan Utara, Jasman Tonggi. “WPR adalah hal yang wajib diperjuangkan bersama untuk kepentingan masyarakat. Semua harus menyatukan langkah dan pemikiran agar dapat terwujud,” katanya.

Dia mengaku optimis usulan WPR Tanoyan akan terwujud. “Apa yang dicita-citakan masyarakat Tanoyan bersatu akan tercapai dengan diawali dengan penyatuan persepsi, niat yang tulus serta pemikiran yang positif. Tidak ada kata mundur untuk perjuangan demi kebaikan masyarakat,” kata Jasman. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top