.
Berita Bolmong

Yasti: Dandes untuk Proyek Wajib Swakelola

Yasti: Dandes untuk Proyek Wajib Swakelola Berita Bolmong Berita Daerah
Yasti Soepredjo Mokoagow
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemanfaatan dana desa (Dandes) harus benar-benar tepat sasaran. Hal ini yang terus didorong oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong agar dana desa dapat dikelola untuk kesejahteraan masyarakat oleh setiap sangadi (kepala desa).

Menyusul penegasan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, saat melakukan kunjungan kerjanya, Kamis (12/4/2018) kemarin, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow meminta agar dandes yang dialokasikan untuk proyek infrastruktur maupun pengadaan harus menggunakan tenaga swakelola.

“Saya kembali mengingatkan bahwa seluruh dana desa yang diturunkan oleh pemerintah pusat, harus benar-benar dikelola dan dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat desa. Pengelolaan dana desa untuk proyek infrastruktur maupun pengadaan tidak bisa diberikan ke kontraktor, tapi harus diolah dengan cara swakelola,” kata Yasti, Jumat (13/4/2018).

Lanjut dikatakan Yasti, kebijakan tersebut dilakukan agar anggaran bisa berputar di internal masyarakat desa.

“Untuk proyek, 30 persennnya harus disisihkan untuk upah pekerja yang merupakan warga desa, dengan demikian maka daya beli masyarakat desa juga akan meningkat termasuk kesejahteraan masyarakat bisa terjamin,” tambahnya.

Ditambahkan, kunjungan Medes PDTT kemarin harus menjadi energi positif untuk lebih memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat.

“Kedatangan Pak Menteri Desa kemarin, harus kita apresiasi dengan menunjukan pembangunan desa yang terbaik sehingga daerah kita akan mendapat penghargaan oleh pemerintah pusat dalam hal pengelolaan dandes ini,” pungkasnya. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top