Berita Bolmong

Yasti Dukung Penertiban Tambang Pakai Merkuri

Yasti Dukung Penertiban Tambang Pakai Merkuri Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com

 

Yasti Dukung Penertiban Tambang Pakai Merkuri Berita Bolmong Berita Daerah

Yasti Soepredjo Mokoagow

BOLMONG– Pemkab Bolmong menaruh perhatian serius terhadap Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah ini yang menggunakan zat berbahaya merkuri.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan segera berkoordinasi dengan Forkopimda untuk menertibkan tambang tanpa izin serta yang menggunakan merkuri. Hal itu sebagaimana instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) soal larangan penggunaan bahan merkuri di berbagai industri maupun pertambangan rakyat, dan pertambangan emas skala kecil.

“Karena dapat menimbulkan kerusakan lingkungan dan berdampak pada kesehatan jiwa manusia,” tegas Yasti, Jumat (24/11/2017) kemarin.

Dampak pengelolaan tambang menggunakan zat tersebut dapat menimbulkan kerusakan lingkungan dan berpotensi bencana. Selain itu juga berdampak pula bagi para pemangku kepentingan tambang.

Karena itu, kata Yasti, solusinya yakni tiap tambang di wilayah Bolmong harus memiliki izin dan melarang menggunakan bahan merkuri.

“Intinya pertambangan tidak ditutup. Hanya saja penggunaan merkuri di tambang dilarang harus diganti dengan sianida.Banyak masyarakat Bolmong hanya bergantung hidup di tambang emas untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Senada dikatakan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk. Menurut Yanny, sesuai instruksi dari Kapolda Sulut belum lama ini, penggunaan bahan merkuri di tambang dilarang karena dampaknya sangat berbahaya.

“Hanya proses penggolahannya diganti dengan bahan sianida. Tambang tidak ditutup,” kata Yanny.

“Pengolahan tambang memakai bahan sianida justru lebih aman 100 kali dibanding merkuri. Jadi mulai sekarang para pemangku kepentingan tambang harus mengunakan bahan sianida. Tidak boleh lagi merkuri sebab itu sudah dilarang,” imbaunya. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top