.
Berita Bolmong

Yasti Tegaskan Investasi Kelapa Sawit di Bolmong Tetap Jalan

Yasti Tegaskan Investasi Kelapa Sawit di Bolmong Tetap Jalan Berita Bolmong
Yasti Soepredjo Mokoagow
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Beberapa waktu lalu sejumlah pihak menuntut Pemkab Bolmong agar mencabut izin penggunaan lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang diberikan kepada PT Anugerah Sulawesi Indah (ASI). Perusahaan yang berinvestasi di bidang perkebunan kelapa sawit.

Namun, Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow, menjamin PT ASI tetap menggunakan lahan HGU yang sudah diizinkan.

“Saya kembali mengaskan, yang mengeluarkan izin bukan saya. Izin- izin dari perusahaan sawit ini dikeluarkan bupati-bupati terdahulu. Baik itu Ibu Marlina maupun Pak Salihi,” ujar Yasti, Rabu (19/9/2018).

Bupati menambahkan, dikeluarkannya izin untuk PT ASI tersebut sudah sesuai dengan peraturan perubdang-undangan.

“Sebagai bupati, hari ini kita tetap komit dengan apa yang sudah diputuskan oleh bupati terdahulu,” ucapnya.

Yasti juga menjelaskan, saat ini lahan-lahan tersebut adalah hak dari perusahaan untuk mengelolanya. Jika dibatalkan, kata dia, nantinya akan menimbulkan kasus yang sama seperti PT Melisa di Kecamatan Poigar.

“Kemarin saja Pemkab Bolmong harus membayar ganti rugi.  Uang dari mana Rp6 miliar untuk membayarnya hanya karena izin sudah dikeluarkan oleh bupati terdahulu namjn dibatalkan Pjs Bupati,” ujarnya.

Lanjut Yasti, Pemkab Bolmong nantinya dalam waktu dekat akan memfasilitasi masyarakat untuk dipertemukan dengan pihak perusahaan untuk mendapatkan solusi terbaik lewat musyawarah.

“Saya akan pertemukan masyarakat dan perusahaan dalam waktu dekat ini. Dengan pertemuan itu nantinya dapat diketahui apa keinginan masyarakat. Kita berharap kasus seperti ini tidak akan terjadi lagi. Insya Allah secepatnya musyawarah akan dilaksanakan. Saya siap kapan saja. Nanti juga perusahaan akan ditekankan secepatnya mencari solusi terbaik,” pungkasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top