Iklan Resmi DPRD ( DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH ) KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA ( BOLMUT )
SIG Penting untuk Perencanaan Berita Bolmut
Khristanto Nani
Kroniktotabuan.com Iklan Resmi DPRD ( DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH ) KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA ( BOLMUT )

BOLMUT– Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tengah melaksanakan pelatihan sistem informasi geografis (SIG) di lingkungan pemkab Bolmut, dalam rangka pemantapan, perencanaan dan pengembangan wilayah.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkab Bolmut, Khristanto Nani, mengungkapkan, agenda pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari program nasional geospasial.

“Manfaat SIG ini agar untuk lebih memperdalam atau mempertajam sumber daya manusia (SDM) di Bolmut, terlebih khusus pemahaman tentang peta perencanaan wilayah, dimana seluruh wilayah perencanaan tata ruang wilayah dibuatkan dalam peta, dan benar-benar dipahami,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sosialisasi SIG tingkat dasar ini lebih fokus kepada pengembangan SDM-nya, dana bagaimana membuat peta dengan baik.

“Nanti ada software yang akan diterapkan untuk database wilayah atau database tata ruang jadi awalnya ini masih keterampilan dasar dulu nanti selanjutnya ada pengembangan sistem informasi,” tambah Nani.

Hal ini dikatakan sejalan dengan pengembanhan teknologi  penunjangnya termasuk penggunaan drone atau teknologi  penunjang lainya yang berkaitan dengan peta wilayah.

Dia menambahkan, digelarnya pelatihan ini, dalam rangka. peningkatan kapasitas dan kemampuan ASN terhadap Konsep dan proses pengelolalan data geospasial dengan menggunakan SIG.

“Dasar pelaksanaan pelatihan ini adalah undang-undang nomor 4 tahun tahun 2011 tentang informasi geospasial, Peraturan pemerintah nomor 9 Tahun 2014, serta peraturan presiden nomor 27 tahun 2014 tentang jaringan informasi geospasial,” pungkasnya. (ebi)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top