Advertorial

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi Advertorial Berita Bolsel Sulut
Kroniktotabuan.com

BOLSEL – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) ke 11 Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Senin (22/7/2019) di Lapangan Desa Molibagu Kecamatan Bolaang Uki, berlangsung sukses.

Diawali dengan pembacaan sejarah singkat pembentukan Kabupaten Bolsel yang disampaikan Ketua DPRD, Abdi Van Gobel. Usia 11 tahun, dibawah kepemimpinan Bupati Guhanga Hi Herson Mayulu bersama Iskandar Kamaru, daerah otonom baru ini menorehkan segudang prestasi gemiliang dari semua sektor, baik dari sektor pertanian dan perkebunan, pariwisata, dan ekonomi masyarakat.

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi Advertorial Berita Bolsel Sulut

Upaya menekan angka kemiskinan, setiap tahunnya membuahkan hasil lewat berbagai program-program bantuan. Baik dari pemerintah pusat, provinsi, dan daerah.

“Capaian prestasi yang berhasil kita raih diusia yang terbilang masih belia, dihampir semua sektor merupakan bukti hasil kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas seluruh jajaran pemerintah daerah dengan sinergitas yang terjalin harmonis dengan pihak legislatif, dan juga tidak luput dari dukungan seluruh masyarakat Bolsel,” kata Bupati Bolsel Iskandar Kamaru.

Meski banyak prestasi yang sudah ditorehkan, namum masih banyak tantangan dan harapan yang harus diraih, dituntaskan pada tahun yang akan datang.

“Saya mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, mari bersama-sama kita satukan tekad untuk menyelesaikan hal-hal yang belum dapat kita wujudnyatakan ditahun ini. Dirgahayu Bolselku, maju dan jayalah selalu,” ujar Iskandar.

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi Advertorial Berita Bolsel Sulut

Wakil Bupati Bolsel, Dedi Abdul Hamid menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh tokoh pejuang pemekaran Bolsel.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para tokoh pejuang pemekaran, lebih khusus kepada Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu Sip periode 2010-2018 atas dedikasinya perjuangan dan pengabdiannya untuk daerah yang sama kita cintai ini. Mereka telah meletakkan pondasi pembangunan di Bolsel. Semoga amal dan pengabdian tersebut senantiasa bernilai ibadah disisi Allah SWT,” ucapnya.

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan sidang Paripurna Istmewa yang digelar di Kantor DPRD Bolsel di Panango. Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Bolsel Abdi Van Gobel.

Asisten II Setda Provinsi Muhammad Rudi Mokoginta mewakili Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, tepat XI tahun Kabupaten Bolsel telah hadir mengisi ruang pembangunan bangsa di Sulawesi Utara.

Menurut Rudi, satu hal yang patut disyukuri sekaligus dijadikan momentum adalah evaluasi, koreksi, dan instropeksi atas hasil-hasil kinerja yang telah dicapai.

“Evaluasi diperlukan untuk mengukur seberapa jauh capaian kinerja yang menjadi tanggung jawab kita. Koreksi diperlukan karena kedepan tantangan yang dihadapi sangat berat dan beragam.

Dia menambahkan, sejauh ini Bolsel senantiasa menunjukkan dinamika pembangunan yang sangat progresif dan menjanjikan melalui berbagai pencapaian positif disetiap sektor pembangunan yang dilaksanakan. “Termasuk dalam mempertahankan eksistensinya sebagai daerah yang religius dan senantiasa mampu mengiringi pembangunan daerah dengan perkembangan zaman,” kata Rudi membacakan sambutan Gubernur Sulut.

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi Advertorial Berita Bolsel Sulut

Kemajuan Bolsel saat ini, tidak lepas dari rintisan karya dari segenap jajaran pemerintah daerah dan elemen masyarakat Bolsel, dalam memaksimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki.

“Sudah sepantasnya saya memberikan apresiasi disertai ucapan terima kasih atas komitmen pemerintah daerah dan kerja keras, dedikasi serta loyalitas. Akhirnya saya atas nama pribadi, dan pemerintah mengucapkan dirgahayu Bolsel,” ucap Mokoginta.

Usai upacara, bupati memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat. Diantaranya, 400 lebih sertifikat gratis, dan bantuan kepada kelompok tani dan nelayan. Dikesempatan itu juga bupati melaunching aplikasi Simpek dan aplikasi Hadir dari BKPSDM.

Program dan Prestasi Kabupaten Bolsel

  • Bidang Pertanian

Pertanian merupakan salah satu sumber pendapatan dan sumber penghidupan bagi masyarakat Bolsel, sehingga pemerintah daerah mengupayakan penyediaan lahan untuk pertanian berupa:

Lahan sawah seluas 2.534 Ha

Pencetakan sawah baru 300 Ha

Serta lahan pertanian bukan sawah sebesar 149.044 Ha

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi Advertorial Berita Bolsel Sulut

  • Bidang Infrastruktur

Pembanguan Akses Jalan Kabupaten dengan kondisi baik 202,96 KM atau 39,72 % dari total 575 KM.

Pembangunan Jembatan pada jalan kabupaten dengan kondisi baik dan baru sepanjang 238 KM dari total 287 M

Pembangunan jaringan air minum di 56 desa sampai dengan tahun 2019

Pembangunan Septick/Komunal di 52 desa tahun 2019

Penataan ruang terbuka hijau(RTH)  sebanyak 6 paket

Peningkatan Jarinan irigasi dengan total panjang 13.219 meter

Normalisasi dan penguatan tebing sungai sepanjang 3.285 meter

Serta penimbunan tanah perluasan pemukiman berjumlah 3 paket.

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi Advertorial Berita Bolsel Sulut

  • Bidang Komunikasi dan Informasi

DED(Detailed Engineering Design) jaringan Fiber Optic di Kawasan perkantoran Panango

DED(Detailed Engineering Design) data center untuk mengintegrasikan database sistem informasi yang ada disetiap OPD

DED Command Center Feasibility study untuk pendirian lembaga penyiaran publik lokal(LPPL) radio suara Bolsel FM

  • Bidang Pelayanan Dasar

Penduduk berusia kurang lebih 15 tahun yang sudah mengenal huruf(Tidak buta huruf) sudah mencapai angka 99,10 persen dan angka partisipasi murni(APM) sebeesar 83,74 persen

IPM Bolsel terus mengalami peningkatan ditahun 2017 yakni 64,05 persen

Perekaman e-KTP Bolsel menempati peringkat 1 dengan jumlah presentase 95,70 persen serta kepemilikan akte lahir usia 0-18 tahun sebanyak 94 persen pada tahun 2019 ini, program Kartu Identitas Anak(KIA)

Untuk program penegtasan kemiskinan Pemkab Bolsel telah membangun RTLH sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2019 sebanyak 435 unit yang dianggarkan melalui APBD Di Dinas Sosial dan Dinas PU.

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi Advertorial Berita Bolsel Sulut

  • Bidang Ekonomi dan Keuangan daerah

Berhasil meraih opini WTP ke 5 ditahun 2019 sejak tahun 2014 sampai 2019

Pilot Project Kasda Online yang dimulai pada tahun 2016

Penyetoran Data Gaji terbaik Se-Sulut

Impelementasi gerakan Non Tunai(GNT) yang pertama di Sulut

Penerapan kas basis Bank pertama di Sulut

Penghargaan dari Kementrian Hukum dan HAM atas upaya membina dan mengambangkan kabupaten Bolsel menjadi kabupaten yang peduli HAM pada tahun 2015 dan 2017

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi Advertorial Berita Bolsel Sulut

Penghargaan dari Gubernur Sulut atas kepatuhan dalam impelentasi program jaminan sosial ketenagakerjaan aparat desa tahun 2019

Penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai pemda terbaik 3 penyetoran iuran wajib triwulan II tahun 2019 wilayah kantor cabang Tondano tahun 2019

Penghargaan Manggala karya kencana dari BKKBN atas komitmen kepemimpinan dalam mewujdukan keluarga kecil bahagia sejahtera tahun 2019

Penghargaan terbaik 1 atas penyaluran DAK dan Dana Desa se-Sulut

Peringkat 1 LPPD se-Sulut

Peringkat 1 progres tindaklanjut rencana aksi pencegahan anti korupsi tingkat Nasional yang dilakukan Korsupgah

Penghargaan Kepala daerah inovatif tahun 2018

11 Tahun Bolsel Membangun, Mensejahterakan Rakyat dan Torehkan Prestasi Advertorial Berita Bolsel Sulut

Penghargaan Universal Health Coverage(UHC) award atas pemenuhan 95 persen msayarakat dalam program JKN-KIS diserahkan Mendagri

Penghargaan Dari Kemenkes capaian imunisasi MR mencapai 95 persen

Capaian pembangunan dibidang pendidikan dengan tersedianya sarana olahraga dan taman, angka melek huruf mencapau 98 persen

Sektor pariwisata dikembangkan jenis wisata Bolsel Under Water Destination. (advertorial)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top