.
Berita Bolsel

Beri Kuliah Umum di STT Filadelfia Langowan, Sekda Bolsel Paparkan Program Unggulan H2M

Beri Kuliah Umum di STT Filadelfia Langowan, Sekda Bolsel Paparkan Program Unggulan H2M Berita Bolsel
Sekda Bolsel Marzansius Arvan Ohy saat menyampaikan materi kuliah umum di STT Filadelfia Langowan. (ist)
Kroniktotabuan.com

BOLSEL– Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi Herson Mayulu SIP (H2M), dikenal sebagai tokoh toleransi antar umat beragama di Provinsi Sulawesi Utara.

H2M mampu menyatukan semua elemen di tengah keragaman antar sesama umat beragama. Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolsel, Marzansius Arvan Ohy, saat mewakili Bupati H2M menyampaikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Theologia (STT) Filadelfia Langowan, Rabu (12/9/2018) kemarin, Gereja IFGF Gisi Winangun, Manado.

Kuliah umum di STT Filadelfia Langowan tersebut dirangkaikan wisuda mahasiswa Gembala Sidang Strata 1 dan Strata 2.

Materi kuliah umum yang dibawakan oleh Sekda Bolsel di hadapan rektorat, senat dan mahasiswa gembala didang, berjudul merawat keberagaman.

Menurutnya, jika mengacu pada visi serta misi Pemkab Bolsel yakni mewujudkan kabupaten religius, Bolsel mampu mewujudnyatakan melalui program ibadah subuh bersama lintas agama. Yakni Islam, Kristen dan Hindu setiap Jumat subuh.

Program tersebut kata Arvan, sudah berlangsung sejak dua 2016 lalu. Selain program ibadah subuh lintas agama, sarana prasarana rumah ibadah yang representatif saat ini sudah dibangun berlokasi di kompleks kantor pemerintahan.

“Di sana dibangun masjid, pure dan gereja dengan anggaran yang bersumber dari APBD,” ujarnya.

Dikatakan, usaha dan terobosan Bupati H2Mntuk menciptakan kerukunan umat beragama di Kabupaten Bolsel, kembali dibuktikan dengan melaksanakan pembangunan Islamic Centre yang merupakan salah satu bangunan atau ruangannya disiapkan sebagai ruangan BKSUA maupun pondok pesantren sebagai pusat pendidikan agama.

“Bupati Bolsel meyakini bahwa kerukunan beragama dapat tercipta melalui pendidikan moral, akhlak dan watak,” ungkapnya.

Arvan menambahkan  melalui pemahaman nilai- nilai luhur keagamaan, salah satunya ibadah bersama antar umat beragama secara rutin dan berkelanjutan yang bermuara pada kesepahaman, keselarasan dalam mewujudkan cita – cita mulia Torang Samua Ciptaan Tuhan dalam bingkai persatuan dan kesatuan  yang luhur dan abadi.

“Inilah yang membuat Imam Besar Masjidil Haram, GSJA Wilayah SulutGo, PGI dan Koran SINDO menganugerahkan dan memberikan penghargaan sebagai kepala daerah yang sangat luar biasa. Menjaga mewujudkan dan mempertahankan kerukunan antar umat beragama,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Arvan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua STT Filadefia Dr Tat Surentu, M.Th dan seluruh civitas akademika, khususnya para wisudawan wisudawati dan keluarga yang telah memberikan kesempatan untuk menyampaikan kuliah umum.

Di akhir acara, Arvan yang hadir mewakili Bupati H2 menerima piagam penghargaan dari Sekolah Tinggi Theologia. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top