Dpc Pdip Kotamobagu
Advertorial

Bupati dan Wabup Bolsel Jemput Rombongan BNPB, Salurkan Bantuan Gunakan Helikopter

Bupati dan Wabup Bolsel Jemput Rombongan BNPB, Salurkan Bantuan Gunakan Helikopter Advertorial Berita Bolsel Berita Daerah
Kroniktotabuan.com

BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan Hi Iskandar Kamaru SPt, didampingi Wakil bupati (Wabup) Dedi Abdul Hamid, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, bersama sejumlah pejabat teras Pemkab Bolsel, menjemput kedatangan rombongan BNPB, di Helipad, Kompleks Islamic Center, Desa Pintadia, Kecamatan Bolaang Uki, Rabu (5/8/2020).

Rombongan BNPB yang tiba ini dipimpin Kepala seksi pemantauan evaluasi dan pelaporan kedaruratan, Asep Supriatna Kalalo. Dia didampingi Kepala BPBD Sulut Joi Oroh. Mereka datang di Bolsel dengan helikopter yang juga mengangkut bantuan untuk diserahkan kepada masyarakat terdampak banjir bandang dan longsor disejumlah wilayah Bolsel.

Bupati dan rombongan BNPB langsung menuju lokasi yang terisolir di Kecamatan  Tomini yakni Desa Milangodaa barat dan Pakuku jaya.

Bupati dan Wabup Bolsel Jemput Rombongan BNPB, Salurkan Bantuan Gunakan Helikopter Advertorial Berita Bolsel Berita Daerah

“Peninjauan lokasi terdampak yakni beberapa desa yang terisolir dilakukan lewat udara dengan menggunakan helikopter. Alhamdulillah, bencana yang terjadi di Bolsel langsung direspon pemerintah pusat dengan langsung membawa bantuan ke wilayah terdampak bencana, sekaligus meninjau langsung kondisi wilayah yang dihantam banjir beberapa waktu lalu,” kata Iskandar.

Iskandar menyampaikan terima kasih kepada rombongan BNPB dan juga BPBD provinsi sulut atas gerak cepat penanganan bencana di bolsel.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan juga provinsi atas tindak responsif yang telah dilakukan. Bantuan yang sudah kami terima akan langsung kami salurkan kepada msyarakat yang membutuhkan,” ucap bupati.

Sebelumnya, dalam rangka percepatan penanganan bencana banjir disejumlah kecamatan serta banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Tomini, Bupati Hi Iskandar Kamaru langsung mengunjungi lokasi terdampak banjir bandang beserta sejumlah pimpinan Organisasi perangkat daerah (OPD).

Bupati dan Wabup Bolsel Jemput Rombongan BNPB, Salurkan Bantuan Gunakan Helikopter Advertorial Berita Bolsel Berita Daerah

Melewati medan yang cukup berat, hingga harus berganti kendaraan yang ditumpangi karena akses jalan yang terputus akibat tergerus arus banjir, bupati langsung mengunjungi posko pengungsian warga di Balai desa Pakuku jaya, yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Tomini yang terisolir akibat putusnya akses masuk ke desa tersebut.

Baca Juga :  Gubernur Sulut Sumbang 2 Ekor Sapi Kurban di Bolsel

“Bagi desa-desa yang terdampak banjir, saya instruksikan semua pemerintah kecamatan agar segera menyiapkan posko pengungsian dan juga dapur umum. Logistik bagi masyarakat berupa bahan makanan, susu formula untuk bayi dan balita, serta popok nanti akan didistribusikan oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan pemerintah kecamatan,” kata Iskandar.

Dia meminta agar pemerintah kecamatan dan juga pemerintah desa harus terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal penanganan bencana, terutama soal logistik yang dibutuhkan masyarakat.

Bupati juga mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap bersabar dan tetap waspada dalam menghadapi kondisi alam saat ini.

“Kami selaku pemerintah daerah akan  berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan kebutuhan masyarakat  yang berada di posko pengungsian maupun yang terdampak bencana banjir bandang. Tetaplah kuat, tetaplah sabar dalam menghadapi musibah ini. Bersama kita pasti kuat,” kata bupati.

Bupati dan Wabup Bolsel Jemput Rombongan BNPB, Salurkan Bantuan Gunakan Helikopter Advertorial Berita Bolsel Berita Daerah

Tak hanya memantau kondisi pengungsian, logistik, serta desa-desa terdampak bencana saja. Bupati langsung melaporkan kondisi wilayah terdampak kepada Kepala BNPB Pusat Jenderal TNI Doni Monardo, via telepon genggam, Sabtu(1/8/2020) malam.

Kepada Kepala BNPB, Bupati melaporkan secara detil kondisi wilayah terdampak, termasuk rumah-rumah yang hanyut dan rusak berat di Kecamatan Tomini yang dihantam banjir bandang akhir pekan lalu.

“Saat ini untuk wilayah pengungsian digunakan kantor camat, sekolah dan juga balai desa. Kami butuhkan tambahan tenda untuk tempat pengungsian. Selain itu kami juga butuh bantuan dari BNPB Provinsi perahu karet untuk mengangkut logistik ke wilayah-wilayah terdampak yang sulit terjangkau dikarenakan akses jalan yang putus,” kata bupati.

Untuk diketahui, hujan deras yang kembali terjadi sejak Jumat (31/7/2020) pekan lalu, mengakibatkan sejumlah desa di Bolsel dihantam banjir bandang, Sabtu pekan lalu.

Baca Juga :  PUPR Genjot Tiga Paket Proyek DAK

Bupati dan Wabup Bolsel Jemput Rombongan BNPB, Salurkan Bantuan Gunakan Helikopter Advertorial Berita Bolsel Berita Daerah

Dari sejumlah kecamatan yang diterjang banjir, Kecamatan Tomini merupakan wilayab terparah diterjang banjir bandang. Informasi yang berhasil dihimpun, hujan lebat yang mengguyur Bolsel sejak pukul 18.45 Wita pda Hari Jumat pekan lalu, mengakibatkan sejumlah sungai meluap diantaranya, sungai Bolangaso, Sungai Toluaya, Nunuka, milangoda, Sinandaka, Pakuku jaya, dan beberapa sungai lainnya.

Tingginya intensitas hujan yang diwilayah Bolsel, mengakibatkan 3 desa di Kecamatan Tomini dihantam banjir bandang yakni, Desa Pakuku Jaya, Milangodaa utara, dan Milangodaa barat. Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Bolsel, Da’anan Mokodompit.

Dikatakan Da’anan, sampai saat ini disejumlah wilayah airnya belum surut. Selain itu, masih banyak rumah warga yang terendam lumpur.

“Sampai saat ini kami belum bisa merampungkan berapa jumlah keseluruhan rumah yang terdampak banjir, karena beberapa desa selain belum bisa dijangka karena akses jalan putus, jaringan telekomunikasi juga hilang. Oleh sebab itu, data ril belum kami kantongi, yang jelas untuk Kecamatan Tomini, terdapat 29 rumah hanyut terbawa arus, dan 64 rumah rusak berat akibat diterjang banjir bandang,” katanya.

Bupati dan Wabup Bolsel Jemput Rombongan BNPB, Salurkan Bantuan Gunakan Helikopter Advertorial Berita Bolsel Berita Daerah

Selain itu, jembatan Sinandaka dan juga Pakuku jaya rusak akibat diterjang arus banjir.

“Saat ini Desa Pakuku jaya merupakan desa yang terisolir. Hari ini (Kemarin red) bersama Pak bupati dan sejumlah pimpinan OPD kami menyalurkan logistik ke Posko pengungsian melalui akses laut, karena jembatan Bakida, dan juga Sinandaka tidak bisa dilalui. Untuk saat ini, penyaluran bantuan serta pendirian dapur umum dan juga posko pengungsian sudah dibuat, agar suplay makanan ke warga terdampak bisa teratasi,” kata dia.

Dari data yang dikantongi BPBD, ada 11 desa yang terdampak banjir.

“Selain banjir, terjadi juga longsor dibeberapa titik. Namun, untuk penanganan longsor kami intens berkoordinasi dengan Dinas PU dan juga balai jalan. Ada beberapa alat berat yang disiapkan untuk penanganan tanah longsor,” tutup Mokodompit. (advertorial)

Baca Juga :  Herson Berkurban 1 Ekor Sapi di Motoboi Kecil

 

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top