Dpc Pdip Kotamobagu
Berita Bolsel

DPKP Ajak Masyarakat Bolsel Manfaatkan Lahan Pertanian dengan Rajin Menanam

DPKP Ajak Masyarakat Bolsel Manfaatkan Lahan Pertanian dengan Rajin Menanam Berita Bolsel
Kroniktotabuan.com

BOLSEL – Dinas Pertenakan Ketahangan Pangan (DPKP) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mengajak masyarakat dapat memanfaatkan lahan pertanian dan perkebunan serta pekarangan rumah untuk bisa ditanami dengan sayuran, buah-buahan atau komoditi pangan lainnya. Hal dikatakan Kepala DPKP Bolsel, Marwan Makalalag, Kamis (02/7/2020).

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, harus dilawan dengan melakukan kegiatan-kegiatan produktif, salah satunya memanfaatkan lahan pertanian yang ada untuk ditanam dengan komoditas pangan.

DPKP Ajak Masyarakat Bolsel Manfaatkan Lahan Pertanian dengan Rajin Menanam Berita Bolsel

Dia menjelaskan, untuk tujuan menanam, warga yang belum memiliki lahan pertanian, bisa memanfaatkan pekarang rumah untuk dijadikan tempat menanam.

“Memang tidak semua masyarakat memiliki lahan perkebunan, tapi kegiatan bercocok tanam bisa diterapkan di pekarangan rumah. Misalnya, pekarangan rumah yang tidak terlalu luas bisa dijadikan lahan untuk bercocok tanam, sayuran dan cabai atau bawang. Hasilnya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Marwan.

Mantan Kadis Dispora ini kembali menjelaskan, dalam kondisi Covid-19 saat ini, giat masyarakat untuk memanfaatkan lahan pertanian harus lebih meningkat. Rata-rata masyarakat mencoba bercocok tanam dengan komoditi holtikultura, seperti cabai, tomat, bawang, kedelai dan aneka sayur-sayuran.

DPKP Ajak Masyarakat Bolsel Manfaatkan Lahan Pertanian dengan Rajin Menanam Berita Bolsel

“Hal ini, tentu baik untuk ketahanan pangan kita secara lokal dalam menghadapi masa pandemi, bahkan ketika usai masa pandemi ini hasilnya masih bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap, giat masyarakat untuk memanfaatkan lahan pertanian dan perkebunan lebih maksima agar kedepan semakin meningkat hasilnya.

“Saya yakin, jika giat ini dipertahankan pasti kedepannya kita tidak akan kesulitan untuk pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari. Karena di ladang kebun atau di pekarangan rumah, ¬†telah ada pemenuhan kebutuhan dapur untuk keperluan sehari-hari,” tandasnya. (wdm/ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top