Dpc Pdip Kotamobagu
Berita Bolsel

DPMD Pastikan Anggaran APBDes pada PKTD

DPMD Pastikan Anggaran APBDes pada PKTD Berita Bolsel Berita Daerah Berita Nasional Sulut
Kroniktotabuan.com

BOLSEL – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai fokus pada Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Penanganan Covid-19. Hal ini, dikatakan oleh Kepala DPMD Bolsel, Ekafrie Van Gobel, Rabu (24/6/2020).

Ekafrie menuturkan, menyangkut perubahan APBDes, itu sesuai dengan Permendesa PDTT 6, tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendesa PDTT 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

“Jadi dana desa tahun 2020 ini, untuk mengantisipasi dan menyesuaikan perkembangan pada saat penyebaran wabah Covid-19 yang berimbas pada berbagai sendi kehidupan dan pembangunan di desa,” kata Ekfarie.

Dia menjelaskan, jika pembangunan yang terdapat Harian Orang Kerja (HOK) atau dikenal dengan PKTD, wajib dijalankan dan harus menggunakan tenaga pekerja lokal.

“PKTD harus jalan, agar masyarakat juga bisa mendapatkan penghasilan dengan ikut serta dalam pembangunan di desa,” ujaranya.

Pjs Sangadi Salongo Lilis Lawadjo mengungkapkan, realisasi di bidang pembangunan tetap dijalankan dan menggunakan pekerja lokal.

“Bahkan saya memberdayakan pekerja lokal agar dana desa untuk membayar upah tukang dan pekerja bisa dinikmati masyarakat Salongo,” ucap Sangadi.

Diterangkannya, jika pada tahun ini pemerintah desa menganggarkan empat unit RTLH yang masuk dalam APBDes 2020. Namun, diselesaikan terlebih dahulu dua unit dan saat ini sementara dalam proses pembuatan jendela.

“Jendela dan pintu sementara dibuat, dalam waktu dekat dua unit akan rampung hanya menunggu pencairan tahap selanjutnya,” kuncinya. (wdm/ahr)

 

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top