Dpc Pdip Kotamobagu
Iskandar- Deddy Dipastikan Nomor 1 Berita Bolsel
Kroniktotabuan.com

BOLSEL- Bakal calon Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) jagoan PDI Perjuangan, Iskandar Kamaru- Deddy Abdul Hamid, dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon pada Pilkada Bolsel 2020 oleh KPU setempat, Rabu (23/9/2020).

Dari hasil verifikasi berkas dan kesehatan, pasangan BERKAH (Bersama Kamaru Hamid) dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

Selanjutnya, pada Kamis (24/9/2020), pasangan BERKAH ini akan mengikuti tahapan pengundian nomor urut pasangan calon.

“KPU baru menetapkan satu pasangan calon yang memenuhi syarat yakni Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid,” ungkap Ketua KPU Bolsel Eskolano Kakunsi.

Sedangkan satu bakal pasangan calon lainnya yakni Riston Mokoagow-Selvia Van Gobel belum ditetapkan. KPU beralasan karena bakal calon pasangan tersebut masih akan menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan. Mengingat bakal paslon ini sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga harus menjalani karantina mandiri.

“Perubahan jadwal hanya dikhususkan bagi bakal pasangan calon yang positif corona. Akibatnya salah satu bakal calon positif Corona, sehingga berdampak pada perubahan jadwal pada tahapan pencalonan,” ungkapnya.

Berdasarkan surat edaran KPU RI Nomor 788/PL.02.2-SD/06/KPU/1X/2020 perihal pengundian nomor urut pasangan calon, dipastikan pasangan Iskandar-Deddy akan mendapat nomor urut 1 (satu).

Dalam surat edaran tersebut pada nomor 2 dan poin a, tertulis dalam hal pada tahapan pengundian nomor urut sebagaimana dimaksud pada angka 1 terjadi kondisi hanya terdapat 1 (satu) pasangan calon yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta pemilihan.

Terdapat 1 (satu) atau lebih bakal pasangan calon yang masih positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau masih dalam tahapan penelitian administrasi.

Maka langkah-langkah penetapan nomor urut pasangan calon adalah telah diatur. Dalam poin A tertulis KPU provinsi atau KPU kabupaten/kota menetapkan 1 (satu) pasangan calon yang dinyatakan memenuhi syarat dengan nomor urut 1 melalui rapat pleno terbuka, yang dituangkan dalam berita acara penetapan nomor urut dan ditetapkan dengan keputusan KPU.

Baca Juga :  Iskandar Pimpin Rapat Perdana Tahun 2019

Sebab, penantang Iskandar– Deddy yaitu bakal calon pasangan bupati dan wakil bupati Riston Mokoagow-Selvia Van Gobel masih akan menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan pasca terkonfirmasi positif Corona beberapa waktu lalu.

Pada pendaftaran di KPU lalu, pasangan Riston-Selvia tidak hadir dan hanya diwakili LO dan pengurus parpol pengusung. (*)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top