Dpc Pdip Kotamobagu
Berita Bolsel

KPU Bolsel Sukses Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Kroniktotabuan.com

BOLSEL– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sabtu (21/11/2020), menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara terkait dengan Pemilahan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan.

Kegiatan dipusatkan di Kecamatan Pinolosian, tepatnya di lapangan Garuda Pinolosian. Dihadiri oleh Tim Teknis KPU Propinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kapolres Bolsel AKBP Yuli Kurnianto, Waka Polres Bolsel Kompol Dadang Suhendra, Danpos TNI Angkatan Laut dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan yang di wakili Asisten III Rikson Paputungan serta Camat Pinolosan Hi Sumitro Paidiko.

Kegiatan simulasi diawali dengan pengambilan sumpah petugas KPPS, pemeriksaan kotak suara, dilanjutkan pencoblosan kertas suara oleh pemilih yang diundang sebanyak 200 pemilih.

Untuk menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) petugas KPPS menggunakan alat pelindung diri (APD) face sield, masker, dan sarung tangan serta menjaga jarak demi kenyamanan masayarakat yang datang di TPS menyalurkan hak pilih.

Antusias 200 masyarakat yang datang di TPS pun sangat tinggi dengan tetap menerapkan prokes covid-19. Hal ini berlangsung selama proses simulasi pemungutan suara.

Anggota KPU Bolsel yang juga Kepala Divisi (Kadiv) Teknis Fijai Bumulo SE menjelaskan, dalam pilkada kali ini ada 15 hal baru yang berlaku pada proses pemungutan dan perhitungan suara. Salah satunya, waktu kedatangan pemilih sudah diatur dalam formulir C pemberitahuan atau undangan.

“Pemilih juga kami berikan sarung tangan plastik serta membawa bolalpoint masing-masing. Ada bilik khusus untuk pemilih yang memiliki suhu tubuh diatas 37,3 derajat celsius,” jelasnya

Ketua KPU Bolsel Stenli Eskolano Kakunsi mengatakan, tujuan dilaksankan simulasi ini agar mereka bisa mengetahui kekurangan-kekurangan atau kendala pada saat pemilihan 9 Desember nanti.

Baca Juga :  Tindaklanjuti Laporan Masyarakat, Disperindagkop Bolsel Sidak SPBU di Soguo

“Surat suara yang dicetak pun tidak ada yang terkesan mengarah kepada satu calon tertentu,” bebernya.

Menurut Eskol, dalam masa pandemi ini banyak hal-hal baru. KPPS sebelum melaksankan tugas sudah melakukan rapid test.

Tim teknis KPU Provinsi Sulut Dolfi Tutu mengatakan, KPU Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi kepada teman-teman KPU Bolsel.

“Untuk sulut ada 5 kabupaten kota yang melakukan kegiatan simulasi, yaitu kota manado, minahasa utara, boltim, bolsel dan minahasa selatan. 5 kabupaten ini akan menjadi barometer, mudah-mudahan bolmong selatan akan menjadi contoh,” katanya.

Kapolres Bolaang Mongondow Selatan AKBP Yuli Kurnianto dalam sambutan mengatakan, dari segi pengamanan, polres sejak awal, mulai dari proses pendaftaran, kampanye, pemilihan dan sampai pleno hingga sampai akhir pilkada, tetap maksimal.

Asisten III Pemkab Bolsel Rikson Papungan mewakili Pjs Bupati Bolsel Praseno Hadi mengatakan, kegiatan simulasi sangat penting karena bagian gambaran dari yang akan terjadi pada 9 desember 2020.

“Fenomena yang terjadi sekarang berbeda dengan pemilu pilkada sebelumnya karena kita berada pada masa pandemi covid-19. Protokol kesehatan yang kita lakukan bersama ajang sosialisai memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ungkapnya.

Rikson menambahkan, Pemda Bolsel berharap Pilkada berjalan baik, aman dan damai, semua masyarakat menyalurkan hak pilih. Selain itu, dia juga berharap tidak terjadi klaster pilkada.

“Jadi untuk protokol kesehatan harus ditekankan berulang ulang kepada masyarakat,” tandasnya. (advertorial)

Silahkan Berkomentar dengan Bijak, Menggunakan Akun Facebook Anda :

To Top