koperasi koperasi
Berita Bolsel

Pariwisata Bolsel Mulai Mendunia, Tahun akan Diserbu Wisatawan

Pariwisata Bolsel Mulai Mendunia, Tahun akan Diserbu Wisatawan Berita Bolsel Berita Daerah Berita Nasional Sulut
Kroniktotabuan.com

MANADO – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus mempromosikan sektor pariwisata unggulan kepada dunia. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O E Kandouw.

Menindaklanjuti program pengembangan dan peningkatan promosi pariwisata Bolsel, Bupati Hi Iskandar Kamaru dan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Samratulangi Manado, Minggus ET Gandeguai, melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding), antara Pemkab Bolsel dan PT Angkasa Pura I Manado, bertempat di Kantor Cabang yang berada di Bandar udara (Bandara) Sam Ratulangi.

Pariwisata Bolsel Mulai Mendunia, Tahun akan Diserbu Wisatawan Berita Bolsel Berita Daerah Berita Nasional Sulut

Bupati turut didampingi Sekertaris Daerah (Sekda) Marzanzius A Ohy, Kadis Pariwisata Bolsel Wahyudin Kadullah, staf khusus bupati, dan kabag protokol dan Staf Khusus Gubernur Dino Gobel.

Bolsel adalah daerah pertama pada tahun 2020 ini, melakukan kerjasama dengan PT Angkasa Pura I Manado. Dengan dilakukan penandatanganan kerjasama itu maka, Bolsel menjadi daerah ketiga setelah Manado dan Tomohon dalam hal kerjasama dengan Angkasa Pura I.

Pariwisata Bolsel Mulai Mendunia, Tahun akan Diserbu Wisatawan Berita Bolsel Berita Daerah Berita Nasional Sulut

“Kami menyambut baik kehadiran pemda bolsel dan mendukung penuh pariwisata yang ada,” kata Minggus, Kamis (14/2/2020).

Bahkan, profil pariwisata yang ada di bolsel, langsung ditayangkan di Bandara Sam Ratulangi.

“Atas nama masyarakat dan pemerintah daerah, kami menyampaikan terim kasih dan apresiasi kepada pt angkasa pura atas kemitraan ini,” kata Iskandar.

Pariwisata Bolsel Mulai Mendunia, Tahun akan Diserbu Wisatawan Berita Bolsel Berita Daerah Berita Nasional Sulut

Iskandar menjelaskan, MoU yang telah tandatangani bersama, merupakan wujud nyata, usaha semua masyarakat dan pemerintah daerah bolsel, untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam memajukan pariwisata sebagai sumber utama devisa Negara.

“Dengan adanya poin dan klausul kerjasama yang tertuang dalam MoU dengan pihak Angkasa Pura nanti, bisa lebih banyak mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara, ke Indonesia, Sulut, dan Bolsel,” ungkap Bupati.

Baca Juga :  Sambil Bersepeda, Kadis Pariwisata dan Kadis Pertanian Bolsel Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona Pada Masyarakat

Pariwisata Bolsel Mulai Mendunia, Tahun akan Diserbu Wisatawan Berita Bolsel Berita Daerah Berita Nasional Sulut

Menurut Iskandar, Bandara Sam Ratulangi merupakan Arrival gate (Gerbang kedatangan) yang dimiliki Sulut.

“Kami juga berharap, nantinya hasil dan realisasi penandatanganan MoU ini, bisa memberikan profit yang besar bagi kedua belah pihak,” jelasnya.

Bupati juga berharap kepada stakeholder terkait lainnya yang ikut mendukung MoU itu, dapat bersinergi, tetap terjalin hubungan baik berkelanjutan, dan berdayaguna.

Pariwisata Bolsel Mulai Mendunia, Tahun akan Diserbu Wisatawan Berita Bolsel Berita Daerah Berita Nasional Sulut

“Karena jika bicara pariwisata, tidak melulu hanya antara dua pihak, tapi melibatkan hampir seluruh pihak dan elemen masyarakat,” tukasnya.

Kerjasama ini akan membuat pariwisata bolsel akan dikenal dunia karena didukung dengan sarana promosi yang tepat yakni melalui bandar udara.

Sekadar diketahui, potensi wisata yang ada di bolsel mampu menarik kunjungan ribuan wisatawan.

Destinasi wisata bolsel diantaranya terdapat Tanjung Panango, Wisata Alam Binolantungan, Pelabuhan Alam Dudepo, Pemandangan Batu karat yang berada di Kecamatan Bolaang Uki.

Sedangkan di Kecamatan Pinolosian, juga terdapat beberapa tempat wisata yang unik. Ada wisata alam Dami, Torosik, Penangkaran Burung Maleo, Pulau Lampu serta Pantai Taman Hiu, sebagaimana dilansir dari bolmutpost.com.

Pulau Lampu

Pulau Lampu adalah sebuah pulau indah dan sangat cocok untuk diving (Menyelam).

Pulau ini juga memiliki mercusuar sebagai peninggalan sejarah yang masih terjaga dengan baik saat ini. Disana wisatawan pun bisa menggunakan layanan Diving Club (BDC) yang berlokasi di Desa Pintadia Kecamatan Bolaang Uki.

Pantai Tanjung Panango

Pantai ini memiliki keindahan alam dan lingkungan yang luar biasa. Selain panorama alam dan lingkungannya, wisatawan pun bisa snorkeling dan diving di pantai ini.

Pelabuhan Alam Dodepo

Objek wisata ini adalah dermaga laut. Dermaga ini dinamakan pelabuhan Alam Dodepo. Ingin melihat altifitas kapal di pelabuhan, disini tempatnya.

Baca Juga :  Diskominfo Anggarkan Rp9,2 Miliar untuk Data Center

Goa Paniki Lion

Bolsel juga ada wisata alam berupa lobang goa. Goa di Bolaang Uki ini bernama Paniki Lion. Goa panjang dan terdapat flora dan fauna.

Pantai Biniha Timur

Pantai Biniha Timur ini tak jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten Bolsel di Molibagu. Perjalanan ke-tempat wisata ini hanya ditempuh dengan waktu 15 menit saja.

Terdapat banyak pepohonan di tempat wisata ini. Selain itu udaranya sangat sejuk.

Pantai Ponii

Pantai yang berada di Desa Luwoo Kecamatan Posigadan ini, memiliki keindahan panorama yang tak kalah menarik dari Pantai Kuta yang ada di Bali. Pantai Ponii memiliki hamparan pasir putih halus.

Bahkan, sebagian masyarakat setempat menyebut, Pantai Ponii adalah surga pantai di Bolsel. Selain itu, pantai ini dapat dilalui saat perjalanan darat menuju Gorontalo.

Air Terjun Botuliodu

Tempat wisata ini berada di Kecamatan Posigadan dengan air yang sangat jernih karena mengalir langsung dari sumbernya.

Pantai Dami

Pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, warung makan dan gazebo. Setiap tahun dikunjungi ribuan warga.

Pantai Torosik

Wisata ini menyediakan kelapa muda yang dijual di pinggir pantai. Wisatawan juga bisa menikmati matahari terbenam atau sunset di pantai ini.

Pantai Taman Hiu

Dikelilingi karang dan terdapat pepohonan yang rindang.

Penangkaran Burung Maleo

Di tempat ini terdapat Penangkaran Burung Maleo. Wisatawan bisa mengamati dan melihat banyak burung maleo yang hingga kini mulai langka ditemukan. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top