Dpc Pdip Kotamobagu
Berita Bolsel

Petani Bolsel di 5 Kecamatan Dapat Program AUTP

Petani Bolsel di 5 Kecamatan Dapat Program AUTP Berita Bolsel
Kroniktotabuan.com

BOLSEL – Kepala DPKP Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Marwan Makalalag, Kamis (1/10/2020) mengatakan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara memberikan asuransi bagi petani di 5 kecamatan yang ada di Bolsel.

Asuransi tersebut merupakan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Langkah awal yang dilakukan mendata para petani. Jika sudah rampung, akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sulut.

“Yang terverifikasi sekira 551 petani padi di Kecamatan Bolaang Uki, Helumo, Pinolosian, Pinolosian Tengah dan Pinolosian Timur,” ujar Marwan.

Die menjelaskan, program AUTP Padi memberikan jaminan kepada petani apabila terjadi kegagalan dengan mengalihkan risiko dengan memberikan ganti rugi. Dengan begitu, usaha petani di bolsel dapat terjamin.

Bukan itu saja, AUTP juga dapat melindungi kerugian nilai ekonomi usaha tani padi akibat terjadi gagal panen. Baik karena faktor bencana alam, maupun serangan organisme pengganggu tanaman (OPT).

“Diharapkan petani memiliki modal kerja untuk penanaman berikutnya. Program ini sangat bermanfaat untuk petani,” jelasnya.

Dia meyakini, program AUTP dapat menunjang peningkatan sektor pertanian di Bolsel.

“Dengan adanya bantuan seperti ini, petani harus lebih semangat lagi supaya hasil panen bisa terus meningkat. Tentunya akan berdampak pada pertumbuham ekonomi yang semakin baik di kalangan petani dan daerah,” tandasnya. (ahr)

 

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top