Program JKN-KIS Diterapkan 100 Persen di Bolsel
Berita Bolsel

Program JKN-KIS Diterapkan 100 Persen di Bolsel

Program JKN-KIS Diterapkan 100 Persen di Bolsel Berita Bolsel
Kroniktotabuan.com

BOLSEL – Komitmen melaksanakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, sebagaimana program Bupati Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Dedi Abdul Hamid, terus memberikan manfaat bagi 70.000 masyarakat.

Bahkan, pada masa kepemimpinan Bupati Hi Herson Mayulu bersama Wabup Iskandar Kamaru (BERSINAR), Pemkab Bolsel menerima penghargaan Universal Health Converage (UHC) Award.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi tertinggi atas pencapaian lebih cepat memberikan jaminan kesehatan kepada rakyat dengan capaian 95,90persen.

Program tersebut berkelanjutan dan dilaksanakan kembali oleh Bupati Iskandar Kamaru dan Wabup Deddy Abdul Hamid (BERKAH). Tahun ini, 100 persen masyarakat Bolsel sudah tercover jaminan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dr Sadli Mokodongan mengatakan, dari sekira 70 ribu jiwa penduduk Bolsel, 28 ribu sudah tercover tahun 2018. Sedangkan tahun 2019, Pemkab kembali mengakomidir 2000 warga.

“Sebanyak 30.000 sudah tercover lewat segmen APBN dan sisanya segmen mandiri,” jelas Sadli.

Dijelaskan, Pemkab kembali mengacover 2000 warga.

“Sehingga tahun ini, seluruh masyarakat Bolsel sudah mendapat jaminan kesehatan,” tutur Sadli, Rabu (03/7/2019).

Untuk mengcover 30.000 masyarakat, Pemkab mengalokasikan anggaran sekira Rp8,4 Miliar.

“Pemkab Bolsel memberikan perlakuan yang sama kepada masyarakat miskin maupun kaya dalam memberikan jaminan kesehatan. Dalam mengcover jaminan kesehatan, kita menggunakan data dari Disdukcapil,” ungkapnya.

Warga Bolsel yang belum mengantongi Kartu JKN-KIS, bisa menghubungi Puskesmas setempat. Jika tidak ada juga, dapat hubungi Pemerintah Desa.

“Jika tidak ada juga, langsung ke Kantor BPJS Bolsel. Petugas BPJS akan mengecek nama warga tersebut dalam data base. Jika terdaftar, kartu akan dicetak dan langsung aktif,” katanya. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top