Dpc Pdip Kotamobagu
Berita Bolsel

Seeokor Buaya Gemparkan Desa Tolotoyon, Berhasil Ditangkap Warga

Kroniktotabuan.com

BOLSEL – Warga Desa Tolotoyon Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Minggu (15/11/2020), digemparkan dengan penemuaan seekor buaya liar di sungai.

Hewan reptil dengan panjang sekira 160 centi meter dan berat diperkiran 20 kilo gram tersebut ditangkap oleh dua orang warga yakni Otman Mokodompit dan Santo Mamonto pukul 19.00 Wita. Sungai tempat penemuan buaya tak jauh dari pemukiman warga.

Buaya yang ditemukan 2 warga itu berada di sungai yang dekat dengan pemukiman  dan dalam kondisi masih hidup.

Kepala Desa (Sangadi) Tolotoyon, Ramdan Makalalag  membenarkan adanya penemuan buaya.

“Benar ada dan kita sudah komunikasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Utara karena saya belum tahu jenis buaya apa,” kata Ramdan.

Dia menjelaskan, saat itu beberapa warga sedang mandi di sungai, kemudian melihat ada seekor buaya. Mereka pun langsung beranjak dari sungai dan meminta pertolongan. Beruntung saat itu ada Otman dan Santo. Keduanya pun langsung menangkap buaya dengan perlengkapan seadanya.

Menurut Ramdan, penemuan buaya di Desa Tolotoyon sudah yang kedua kalinya. Sebelumnya juga sempat ditemukan seekor buaya. Bahkan berukuran lebih besar.

“Penemuan buaya sudah kedua kalinya di aliran sungai dekat pemukiman warga itu. Kalau yang sekarang beratnya diperkirakan 20 kilo gram,” ungkapnya.

Dirinya berharap, buaya yang ditemukan malam ini adalah yang terakhir karena sangat mencemaskan warga di sekitar sungai.

Dia juga mengimbau warganya agar tetap berhati-hati saat hendak berangkat melewati sungai itu. Apalagi sudah dua kali ditemukan buaya di situ.

“Saya mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati. Apalagi yang bermukim di dekat sungai dimana buaya tersebut ditemukan. Tetap waspada,” tandas Sangadi. (adi)

Silahkan Berkomentar dengan Bijak, Menggunakan Akun Facebook Anda :

To Top