.
Berita Bolsel

Tradisi Monuntul, 10.000 Lampu Botol Dinyalakan di Desa Sakti

Tradisi Monuntul, 10.000 Lampu Botol Dinyalakan di Desa Sakti Berita Bolsel
Kroniktotabuan.com

BOLSEL – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, mulai Jumat (31/5/2019) malam, melaksanakan Monuntul atau Tumbilotohe, yakni menyalakan lampu botol atau lebih dikenal luas masyarakat dengan sebutan lampu teplok menggunakan minyak.

Tumbilotohe atau Monuntul dalam bahasa Bolaang Mongondow, adalah perayaan berupa memasang lampu di halaman rumah-rumah penduduk, di jalan-jalan, terutama jalan menuju masjid dan di lapangan olahraga setiap Desa, yang berarti menandakan bulan Ramadhan akan segera berakhir.

Tradisi Monuntul, 10.000 Lampu Botol Dinyalakan di Desa Sakti Berita Bolsel

Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru, sebelum melakukan pemasangan 10.000 lampu botol secara simbolis di Desa Sakti Kecamatan Posigadan, terlebih dahulu melaksanakan buka puasa bersama dengan Masyarakat setempat.

Kemudian dilanjutkan dengan malam pemasangan lampu Tumbilotohe atau Monuntul, dilapangan Desa Sakti, diprakarsai oleh Perangkat Desa dan Karangtaruna.

Pemasangan 10.000 ribu lampu botol ini, menjadi perhatian Masyarakat Bolsel yang ada di Kecamatan Posigadan.

Tradisi Monuntul, 10.000 Lampu Botol Dinyalakan di Desa Sakti Berita Bolsel

“Tradisi pasang lampu ini sudah menjadi agenda Kabupaten Bolsel untuk dilombakan. Malam ini kita semua resmi melaksanakan tumbilotohe, tepatnya 27 Ramadhan 1440 H,” kata Iskandar.

Bupati juga berharap agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahunya.

“Tradisi tumbilotohe ini merupakan kegiatan religius. Ini harus terus dipertahankan setiap tahunya untuk menjaga budaya kearifan lokal yang ada di bolsel,” ungkap Iskandar.

Turut hadir dalam kegiatan ini Para Asisten, Staf ahli, Pimpinan OPD, Camat Posigadan, Kapolsek Posigadan, serta Masyarakat sekitar. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top