Berita Boltim

Bawaslu Boltim Cek Status Dua WNA Asal Filipina ke Imigrasi

Bawaslu Boltim Cek Status Dua WNA Asal Filipina ke Imigrasi Berita Boltim
Kroniktotabuan.com

BOLTIM- Tiga pimpinan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Senin (3/8/2020), mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu.

Kunjungan tiga pimpinan Bawaslu Boltim, yakni Harmoko Mando, Susanto Mamonto dan Hariyanto tersebut, guna memastikan status dua Warga Negara Asing (WNA) asal Filipina, Jeane Bubak dan Robby Francisco.

Pimpinan Bawaslu Boltim, Susanto Mamonto mengatakan, saat ini tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih sedang dilakukan petugas PPDP untuk Pilkada serentak tahun 2020.
Sehingga pihaknya turun melakukan pengawasan terkait tahapan tersebut.

“Kita ingin memastikan status dua warna negara asal Filipina yang tinggal di Desa Loyow Kecamatan Nuangan dan Desa Molobog Kecamatan Motongkad, ke pihak imigrasi. Dan hasil koordinasi ternyata keduanya masi berstatus WNA,” ujar Susanto.

Lanjut Susanto mengatakan, kedua WNA tersebut memiliki e-KTP dan Kartu Keluarga di Boltim, sehingga pihaknya akan mengecek data tersebut ke pihak Dinas Dukcapil Boltim.

“Kita akan merekomendasikan temuan ini ke pihak KPU untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Sementara itu Pimpinan Bawaslu Boltim Hariyanto menambahkan, hasil temuan di lapangan, keduanya sempat di data petugas PPDP saat coklit di dua tersebut.

“Kita akan lihat apakah dua WNA ini masuk dalam DPS maka kita akan melakukan penindakan. Ini dilakukan karena pihak imigrasi telah menyatakan keduanya belum memiliki dokumen lengkap untuk menjadi warga negara indonesia (WNA),” tegasnya.

Hariyanto menjelaskan, temuan ini sudah didapati Bawaslu Boltim sejak tahapan Pemilu 2019 lalu.

“Saat pemilu 2019, kita sudah buatkan temuan terkait WNA ini,” pungkasnya. (mon)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top