.
Diknas Boltim Tingkatkan SDM Guru Berita Boltim
Kroniktotabuan.com

BOLTIM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Boltim, Yusri Damopolii mengatakan, masih ada kendala dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Kendala yang dihadapi dinas pendidikan kurangnya tenaga pengajar di setiap sekolah baik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegang Pertama (SMP).

“Saat ini kekurangan 98 orang guru baik SD dan SMP,” ujar Yusri Damopolii, Kamis (02/5/2019).

Kata dia, di hari Hardiknas ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boltim terus berupaya meningkatkan SDM, walaupun di tengahnya kurangnya tenaga guru.

Kurangnya tenaga guru paling banyak di Kecamatan Nuangan, baik pegawai negeri sipil (PNS), honorer maupun tenaga kontrak. Sebab di daerah tersebut kurangnya lulusan sarjana pendidikan.

Total jumlah guru khusus PNS sebanyak 586 ditambah calon pegawai negeri sipil (CPNS) 172 orang.

Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar mengatakan, pendidikan dan kesehatan menjadi perioritas visi dan misi bupati dan wakil bupati.

“Sudah ada peningkatan bidang pendidikan, karena Pemkab Boltim, telah dibangun infrastruktur serta berikan beasiswa terhadap siswa kurang mampu dan prestasi,” ujar Sehan Landjar.

Ia menambahkan, program anak asuh untuk lulusan Sarjana telah dianggarkan hingga delapan semester. Awalnya hanya 3-4 semester. (hik)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top