.
Berita Boltim

DLH Boltim Pantau Kualitas Air di 6 Sungai dan 2 Danau 

DLH Boltim Pantau Kualitas Air di 6 Sungai dan 2 Danau  Berita Boltim
Kroniktotabuan.com

BOLTIM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boltim, bakal memantau kualitas air di enam sungai dan dua danau dalam waktu dekat.

Menurut Kepala Bidang Persampahan, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran, Reza Pahlevi Ani, akan turun memantau seluruh sungai, danau, air PDAM Kotabunan dan sumur penduduk.

Tahun ini, pemantauan mutu air lebih lengkap dibandingkan tahun lalu yang hanya diambil sampel tiga sungai, namun sekarang enam sungai dan dua danau.

Pemantauan air mutu ini diatur dalam  Pasal 30 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran, bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan informasi mengenai status mutu air dan pengelolaan kualitas air serta pengendalian pencemaran air.

Kata dia, tahun 2018 pemeriksaan di tiga sungai hasilnya pencemaran air karena kotoran hewan dan manusia bukan mineral lainnya.

Kegiatan pemantauan kualitas sumber air merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Bolaang Mongondow Timur sejak tahun 2017. (hik)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boltim, Sjukri Tawil mengatakan, tahun ini lebih baik dari lalu. Karena DLH kali ini memantau sampai sumur warga.

“Kami siap anggarkan untuk memantau mutu air di sungai dan danau,” ujar Sjukri Tawil.

Status mutu air dalam kondisi baik (tidak tercemar), maka upaya untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas air perlu dilakukan. Sebaliknya jika status mutu air berada dalam kondisi cemar, dibutuhkan upaya penanggulangan dan pemulihan.

Enam sungai yang akan dipantau oleh DLH Boltim, yaitu sungai Buyat, sungai Kotabunan, sungai Paret, sungai Motongkad, sungai Molobog, dan sungai di Modayag. (Hik).

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top