Berita Boltim

Inspektorat Temukan 20 Desa Masalah Administrasi

Inspektorat Temukan 20 Desa Masalah Administrasi Berita Boltim
Kroniktotabuan.com

BOLTIM – Hasil pemeriksaan tahap dua dan tiga 2018, Dinas Inspektorat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, temukan 20 desa yang belum lengkap administrasi.

Temuan 20 desa tesebut, hingga kini belum ditindak lanjuti oleh sangadi dan perangkat desa.

“Kami menemukan kegiatan sosialisasi di desa tanpa dokumen lengkap seperti daftar hadir peserta,” ujar Kepala Inspektorat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Mieke Mamahit, Senin (29/4/2019).

Menurut dia, mereka sudah keluarkan anggaran makan minum, namun tidak memiliki notulen rapat, daftar hadir serta undangan. Sehingga masalah itu, menjadi temuan Dinas Inspektorat.

Berbagai Alasan yang dikemukakan pengelolaan kegiatan, terhadap masalah administrasi. Diantaranya listrik padam, maka tidak bisa lakukan print. Sebab itu meminta mereka, untuk segera lengkapi dan tindaklanjuti terhadap temuan tersebut.

“Kami menunggu proses tindak lanjuti temuan. Kalau tidak dianggap keuangan di desa tak sehat,” ujar dia lagi.

Selain temuan administrasi, ada juga dua desa belum selesai mengerjakan dan menyelesaikan fisik.

Bupati  Bolaang Mongondow Timur Sehan S Landjar mengatakan, seluruh sangadi segera menindaklanjuti temuan Inspektorat Daerah.

“Temuan hasil pemeriksaan segera ditindaklanjuti dengan melakukan perbaikan administrasi,” ujar Sehan Landjar.

Kata Sehan, selalu mengingatkan kepada sangadi di setiap waktu, tentang masalah pengelolaan dana desa mencapai miliaran rupiah. Harus dikerjakan dengan hati-hati.

“Jangan anggap enteng masalah temuan administrasi, sebab sudah ada sangadi yang terjerat hukum, terkait dana desa,” kata Sehan Landjar.

Pemerintah daerah hanya sebatas, menertibkan ada jika ada yang belum paham maka konsultasi. Tapi jika sudah terlibat masalah hukum tentu itu adalah konsekuensi sangadi. (hik)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top