Berita Boltim

Taman Pondabo di Pusat Kota Tutuyan, Dipenuhi Sampah Plastik dan Tak Terawat Lagi

Taman Pondabo di Pusat Kota Tutuyan, Dipenuhi Sampah Plastik dan Tak Terawat Lagi Berita Boltim
Kroniktotabuan.com

BOLTIM– Kondisi Taman Hijau Lapangan Pondabo yang berada di Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, mulai tak terawat dan dipenuhi sampah plastik.

Padahal taman ini, direncanakan Pemerintah Daerah Boltim, akan dijadikan ikon Kabupaten, namun kenyataannya lokasi tersebut seperti dibiarkan begitu saja.

Pada tahun 2016 lalu, anggaran yang dikeluarkan Pemerintah Daerah untuk renovasi taman ini sekitar Rp500 juta lebih. Letak tanam ini, tepat berada di tengah Ibu Kota Kabupaten yakni di Tutuyan dan sangat cocok untuk dijadikan icon daerah.

Amatan kroniktotabuan.com, Kamis (30/5/2019), taman Pondabo dipenuhi sampah plastik. Tembok pagar di bagian belakang roboh. Bagian ring balok bangunan gedung hampir jatuh dan posisinya tidak rata lagi. Kondisi ini, sangat membahayakan warga yang beraktifitas di tempat ini.

Selain itu, tolilet sangat kotor, bau dan tidak terawat. Terlihat plafon gedung banyak yang lubang dan proses pekerjaan gedung tersebut rupanya tidak selesai.

Fatma Lala, warga Tutuyan mengatakan, tempat tersebut membutuhkan perhatian pemkab Boltim.

“Taman Pondabo ini wajah kota, jadi perlu ada perhatian pemerintah daerah terkait kebersihan dan fasilitas lainya,” ujar Fatma.

Dia menuturkan, kondisi taman kota yang tidak terawat lagi itu, membuat orang membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya. Selaku warga Boltim, Fatma mengaku prihatin dengan kesemrawutan itu.

Menurutnya, jika dibiarkan terus, taman Pondabo yang dibiayai dengan anggaran daerah itu, hanyan mubazir saja.

“Saya tahu taman ini, sudah dua kali dibangun, termasuk pekerjaan renovasi sudah dilakukan,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Sjukri Tawil mengatakan, biaya pemeliharaan taman tersebut tidak ada.

“Kami sudah berusaha mengusulkan untuk renovasi total taman Pondabo dengan besaran Rp2 miliar ke Pemkab Boltim,” ujar Sjukri Tawil.

Dia pun berjanji akan menata taman tersebut jika sudah ada alokasi anggarannya. (hik)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top