.
14 Desa Belum Terima Dandes Tahap I Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Dana desa (Dandes) tahap I di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) hingga saat ini belum 100 persen tersalur. Sampai saat ini tercatat masih ada 14 desa yang dananya belum ditransfer Pemerintah Pusat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ahmad Yani Damopolii, Kamis (28/6/2018).

Menurutnya, belum diterimanya dana dari Pemerintah Pusat tersebut, dikarenakan masih terkendala dengan penginputan pada aplikasi sistim keuangan desa (Siskeudes).

“Ada 14 desa yang belum melengkapi dokumen persyaratan pencairan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, anggaran Dandes tetap ada. 14 desa belum bisa dikucurkan karena syarat maupun dokumen pencairan belum lengkap.

Terkait hal itu, DPMD terus mendorong para sangadi di 14 desa tersebut agar secepatnya menyelesaikan adimistrasi pencairan.

“Kendala yang ditemui mereka kesulitan mungkin pada input ke aplikasi Siskeudes. Apalagi, pertanggungjawabannya harus dibuat seefisen dan efektif mungkin,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk Dandes dan ADD punya penyerapan waktu yang berbeda. Sehingga peluang Dandes menjadi Sisa Lebih Pembiyaan Anggaran (Silpa) lebih minim dibanding dengan anggaran lainnya.

“Yang pasti, kita usahakan dana ini tidak akan jadi silpa. Apalagi, anggaranya sudah ada di khas daerah,” katanya. (ahr)

Desa yang belum menerima dandes tahap I:

1.      Desa Mongkoinit Barat
2.      Diat
3.      Lolak Tombolango
4.      Lolak
5.      Poopo
6.      Poopo Selatan
7.      Muntoi
8.      Muntoi Timur
9.      Bombanon
10.   Bakan
11.   Tanoyan Utara
12.    Inobonto 2
13.   Tudu Aog
14.   Mongkoinit

Sumber DPMD Bolmong.

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top