Angka Pencari Kerja di Kotamobagu Turun
Berita Daerah

Angka Pencari Kerja di Kotamobagu Turun

Angka Pencari Kerja di Kotamobagu Turun Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Angka Pencari Kerja di Kotamobagu Turun Berita Daerah Berita Kotamobagu

Hidayat Mokoginta

KOTAMOBAGU– Angka pencari kerja di Kotamobagu menunjukan angka penurunan. Berdasarkan data dibeber Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kotamobagu, sejak Januari hingga September 2017 ini baru 212 orang mengurus kartu AK1 atau kartu kuning.  Angka ini jauh jika dibandingkan 2016 lalu yang mencapai 720 orang.

“Tersediannya sektor lapangan kerja yang semakin banyak di Kotamobagu, sangat berpengaruh terhadap angka pengangguran. Kalau melihat data ini, berarti ada penurunan pencari kerja,” ujar Kepala Dnas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kotamobagu Hidayat Mokoginta, Rabu (27/9).

Meski demikian, kata Hidayat, angka pengangguran di Kotamobagu masih berada pada kategori normal.

“Sebenarnya kebanyakan di Kotamobagu ini bukan pengangguran namannya. Karena yang belum memiliki pekerjaan tetap biasanya mereka bekerja paruh waktu. Misalnya sopir bentor, kerja harian dan semacamnnya,” kata Hidayat.

Hidayat menjelaskan, 60% dari jumlah pengurus AK1 untuk digunakan mencari pekerjaan di luar, seperti Bolmong hingga Manado.

“Tidak masalah pengurusan AK1 di Kotamobagu kemudian mencari kerja di daerah lain. Yang terpenting bagaimana agar masyarakat ini bisa mendapatkan pekerjaan untuk menunjang kebutuhan hidup,” pungkasnya. (rez/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top