>
.
Berita Bolmong

Barisan Pemuda Adat Nasional Pertahankan Lokasi Potolo di Tanoyan

Barisan Pemuda Adat Nasional Pertahankan Lokasi Potolo di Tanoyan Berita Bolmong Berita Daerah
Masyarakat dan pemuda Tanoyan Bersatu di lokasi tambang Potolo.
Kroniktotabuan.com
Pasang Iklan Kronik Totabuan

BOLMONG– Adanya indikasi penguasaan lahan pertambangan emas lokasi Potolo oleh oknum pengusaha lokal Kotamobagu, terus mendapat penolakan dari kalangan masyarakat dan pemuda Desa Tanoyan Selatan dan Tanoyan Utara, Kecamatan Lolayan, Bolmong.

Bahkan, Ketua Barisan Pemuda Adat Nasional (BPAN) Hulu Ongkag, Affandi Mundeng, yang juga Ketua Pemuda Desa Tanoyan Utara, menegaskan, wilayah pertambangan Potolo adalah wilayah adat masyarakat Tanoyan Bersatu.

“Wilayah lokasi pertambangan emas potolo masuk pada wilayah adat desa Tanoyan Bersatu. Jadi jangan ada oknum yang mencoba menguasainya, karena kami tidak akan biarkan,” tegas Affandi, Kamis (28/6/2018).

Dia menambahkan, wilayah pertambangan Potolo adalah rintisan dan tumpasan masyarakat adat dan telah masuk dalam peta adat.

Selain itu, peta wilayah adat Tanoyan Bersatu telah masuk dalam Badan Registrasi Wilayah Adat (BRWA) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

“Jika ada oknum yang masuk dan menguasai wilayah Potolo, maka harus permisi terlebih dahulu kepada masyarakat adat dan pemerintah desa. Kami akan kawal wilayah adat kami,” katantya.

Sebelumnya, puluhan pemuda dan BPAN telah memasang baliho di wilayah Potolo yang  memuat keputusan MK No : 35/PUU-X/2012 terhadap UU Nomor 41 tahun 1999 Tentang Kehutanan.

“Ini wilayah hutan adat Tanoyan Selatan dan Tanoyan Utara,” tandasnya. (ahr)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top