Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu
Berita Daerah

Bilalang I Miliki Potensi Wisata Air Terjun

Bilalang I Miliki Potensi Wisata Air Terjun Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Bilalang I Miliki Potensi Wisata Air Terjun Berita Daerah Berita Kotamobagu

Badaria Ayo Mokoginta

KOTAMOBAGU– Siapa yang tidak kenal Desa Bilalang I. Desa yang terletak di bagian Utara Kotamobagu ini, dipimpin oleh kepala desa perempuan, Badaria Ayo Mokoginta, rupanya memiliki kekayaan alam yang melimpah.

Selain tanaman kopi dan kemiri yang cukup terkenal, desa ini juga mampu mendapat penghasilan asli desa (PADes) yang berasal dari pengelolaan badan usaha milik desa (Bumdes) sebesar Rp20 juta pertahunnya.

Tak hanya itu, Bilalang I juga memiliki sumber wisata yang berpotensi sebagai salah satu kawasan wisata daerah.

“Selain sektor pertanian karena mayoritas masyarakat kami adalah petani, desa kami juga memiliki sumber wisata seperti air panas yang di sekitarnya ada batu-batu putih yang indah,” ujarnya.

Lanjutnya karena desa tersebut berada di kawasan bukit, Bilalang I juga memiliki sumber air terjun yang oleh masyarakat disebut Malelang.

“Kami juga punya air terjun. Itu tepat di belakang pemukiman warga, bahkan bukan hanya satu saja namun ada beberapa yang sangat ideal dijadikan objek wisata,” tuturnya.

Ia mengatakan penggarapan sektor tersebut akan dikoordinasikan dengan lintas sektor seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar bagaimana air yang mengalir di lokasi itu bersih dan bermanfaat bagi masyarakat juga daerah jika nanti menjadi salah satu tempat wisata,” katanya.

“Saat ini kami masih fokus pada pemberdayaan untuk meningkatkan SDM di desa ini, tapi upaya kami untuk menggarap lahan tersebut menjadi objek wisata andalan,” tutupnya. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top