Berita Bolmong

Bolmong Fokus Kembangkan Potensi Perkebunan

Bolmong Fokus Kembangkan Potensi Perkebunan Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Bolmong Fokus Kembangkan Potensi Perkebunan Berita Bolmong Berita Daerah

Taufik Mokoginta

BOLMONG– Perkebunan merupakan salah satu sub sektor yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Kabupaten Bolmong. Selain memiliki luas wilayah perkebunan yang besar, Bolmong mampunyai kontribusi besar terhadap produk domestik regional.

Tak hanya sebagai pendapatan asli daerah (PAD), sektor perkebunan Bolmong juga mampu menarik tenaga kerja lokal secara langsung dalam pengolahan hasil perkebunan tersebut.

Pemda melalui Dinas Perkebunan terus berupaya mendorong produksi perkebunan. Tak hanya itu, kesejahteraan petani pun menjadi hal yang penting di daerah ini.

“Tahun 2018 ini kita fokuskan membangun ¬†kembali sentra-sentra perkebunan baru. Seperti cokelat, kopi, pala, cengkih dan kemiri,” kata Kepala Dinas Perkebunan Bolmong, Taufik Mokoginta, Kamis (8/3/2018).

Selain itu kata Taufik, pihaknya terus mendorong percepatan perluasan area baru atau rehabilitasi tanaman-tanaman yang dianggap tidak produktif lagi.

“Kita dorong dan maksimalkan melalui bantuan program berupa bantuan bibit dan bantuan teknis operasional di lapangan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam rangka maksimalisasi dan pemantapan hasil perkebunan di Bolmong, Dinas Perkebunan juga memprioritaskan kemampuan petani dalam hal pengolahan lahan untuk mengahsilkan produksi yang baik.

“Yang terpenting pemantanpan dan penyuluhan tentang kualitas dan kontinuitas produksi perkebunan dalam rangka peningktan pendapatan petani kebun,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan kemudahan anggaran melalui lobi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow ke Kementrian Pertanian, sektor perkebunan di Bolmong akan semakin maju dan berkembang sehingga menjadi salah satu pusat pengekspor hasil perkebunan berkualitas tinggi.

“Melalui usulan ke pemerintah pusat, semoga pencapaian ini akan terwujud dan masyarakat Bolmong khususnya petani kebun akan lebih sejahtera,” harapnya. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top