Berita Daerah

Dishub “Ambil Alih” Tugas Satlantas

Dishub "Ambil Alih" Tugas Satlantas Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Dishub "Ambil Alih" Tugas Satlantas Berita Daerah Berita Kotamobagu

Suasana Operasi Zebra yang digelar Satlantas Polres Bolmong

KOTAMOBAGU– Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu, menuai kritikan warga. Pasalnya kewenangan yang seharusnya dimiliki oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bolmong untuk melakukan tilang Surat Izin Mengemudi (SIM) terhadap pengendara, diduga diambil alih anggota Dishub.

Seperti yang dialami Jaya Kurniawan, warga Kelurahan Kotamobagu. Dirinya ditilang dan dimintai SIM oleh petugas Dishub saat menggelar Operasi Zebra yang digelar oleh Satlantas Polres Bolmong bersama tim gabungan lainnya.

“Saya bingung, kok bisa Dishub mencegat saya dan menanyakan SIM. Bukannya itu tugas Polisi?, kemudian saya kan pakai seoeda motor bukan mobil angkutan atau bentor yang semestinya mereka melihat surat KIR bukan SIM,” katanya kepada Kroniktotabuan.com, Senin (06/11/2017).

Kepala Dishub Kotamobagu, Nasli Paputungan saat dikonfirmasi mengatakan, tidak ada masalah jika anggotanya melakukan tilang SIM terhadap pengendara.

“Tidak masalah, karena itu operasi gabungan jadi bisa anggota saya menanyakan SIM selain surat-surat kendaraan lainnya. Kecuali operasi tidak dengan Polisi maka hanya surat KIR dan Angkutan umum saja yang kita cegat,” kata Nasli

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bolmong, AKP Arke Parasan Palundun mengatakan, jika pada operasi gabungan yang digelar, pihak Dishub hanya bisa menilang surat kendaraan angkutan umum seperti KIR dan Plat kuning.

“Tidak bisa. kalau SIM itu kewenangan Polisi. Kecuali saat mereka mencegat kendaraan angkutan umum kemudian ada anggota Satlantas maka mereka hanya bisa mengkoordinasikan untuk ditilang,” kata Arke

Lanjutnya, operasi zebra yang digelar hingga 14 November tersebut, setiap instansi terkait memiliki kewenangannya serta tugas pokok dan fungsi.

“Contonya, kalau ada anggota TNI yang melanggar, maka ada Polisi Militer yang akan mencegatnya. Pol PP memantau ASN yang berkeliaran misalnya disaat jam kerja, Samsat juga memeriksa pajak kendaraan, begipun Dishub, mereka hanya bisa memeriksa surat KIR atau yang berkaitan dengan tugas mereka,” ujar Arke mencontohkan.

“Menurut saya tidak masalah jika kita saling berkoordinasi. Sebab operasi ini demi meningkatkan kesadsran masyarakat dalam berkendara,” pungkasnya. (rez)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top