.
Berita Daerah

Disparbud Kotamobagu Akan Undang Badan Arkeolog Sulut Teliti Guci Antik di Upai

Disparbud Kotamobagu Akan Undang Badan Arkeolog Sulut Teliti Guci Antik di Upai Berita Daerah Berita Kotamobagu
Guci antik ditemukan warga di Kelurahan Upai
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu segera menurunkan tim untuk menelusuri penemuan guci antik di Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara, Selasa (10/4/2018) kemarin.

Kepala Disparbud Kotamobagu, Agung Adati, mengatakan soal penemuan guci yang diduga peninggalan purbakala tersebut, pihaknya akan menurunkan tim.

“Tim akan mengambil data-data dari warga yang menemukan benda itu. Apakah ada hubungannya dengan sejarah Mongondow atau lainnya” ujar Agung, Rabu (11/4/2018).

Setelah itu, kata Agung, pihaknya juga akan berkoordinasi ke Balai Arkeolog Sulawesi Utara (Sulut) untuk dilakukan penelitian guci yang terbuat dari kuningan itu.

“Data-data yang diperoleh nanti akan disampaikan ke pihak Arkeolog. Nanti yang akan meneliti adalah mereka untuk menyimpulkan apakah benar peninggalam sejarah Mongondow atau seperti apa,” ujarnya.

“Jika itu adalah bukti peninggalan sejarah, maka akan menjadi bukti atau petunjuk untuk mengenal lebih dekat peradaban atau nenek moyang Bolaang Mongondow,” tambahnya. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top