Berita Daerah

Empat Sekolah di Kotamobagu Terima Adiwiyata Tingkat Provinsi

Empat Sekolah di Kotamobagu Terima Adiwiyata Tingkat Provinsi Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Empat Sekolah di Kotamobagu Terima Adiwiyata Tingkat Provinsi Berita Daerah Berita Kotamobagu

Walikota Tatong Bara menyaksikan penyerahan penghargaan kepada sekolah penerima Adiwiyata tingkat provinsi.

KOTAMOBAGU– Pemkot Kotamobagu kembali menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sebagai daerah yang berhasil menerapkan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah tingkat provinsi.

Penyerahan penghargaan dipusatkan di SDN 1 Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.Empat sekolah di Kotamobagu yang menerima penghargaan ini, yakni SDN 1 Poyowa Kecil, SDN 1 Molinow, SDN 3 Mogolaing dan SMA 3 Kotamobagu.

“Kita masuk sebagai juara pada program sekolah Adiwitaya. Di Sulut, ada 11 sekolah yang masuk pada penerima penghargaan dan Kotamobagu berhasil masuk dengan sekolah terbanyak yang meraih prestasi ini,” kata Walikota Tatong Bara, Senin (22/1/2018), usai menghadiri penyerahan penghargaan ini.

Lanjut Tatong, diraihnya penghargaan tersebut, tidak lepas dari peran masyarakat yang selalu bersama pemerintah dalam membangun daerah bersih dan sehat.

“Tentu penghargaan ini tidak asing lagi bagi kita. Ini sangat istimewa, sebab ada sangkut pautnya dengan Adipura. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sudah menjadi karakter masyarakat di Kotamobagu, dan itu menjadi juga membentuk karakter anak didik kita,” ujarnya.

“Sebelumnya kita mendapatkan juga penghargaan ini tingkat Nasional. Sehingganya penjabaran bank sampah dari sekolah-sekolah sangat penting. Prinsipnya kebersihan adalah milik kita semua, semata-mata tidak mengharapkan penghargaan, tapi bagaimana menjadikan daerah menjadi bersih dan sehat,” tambah Tatong.

Sementara itu, mewakili Gubernur Sulut, Asisten II Pemprov Sulut Rudi Mokoginta mengatakan, dengan kondisi lungkungan yang kerap diterjang bencana, menyadarkan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan menjaga kebersihan.

“Pendidikan lingkungan hidup adalah alternatif dan solusi meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang fungsi lingkungan hidup. Program ini mendorong terciptanya kesadaran masyarakat melalui warga sekolah, guru, siswa untuk bersama menerapkan pola hidup sehat dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan kita,” ujarnya.

“Kotamobagu sebagai sekolah terbanyak yang berhasil meraih penghargaan ini. 2017 lalu, kami melakukan penilaian dengan empat indikator pada 41 sekolah. Namun, hanya 11 sekolah yang masuk pada kategori ini,” pungkasnya. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top