Berita Daerah

Gelar Simulasi UNBK Tahap III, Siswa SMP 1 Kotamobagu Mengaku Begini

Gelar Simulasi UNBK Tahap III, Siswa SMP 1 Kotamobagu Mengaku Begini Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Gelar Simulasi UNBK Tahap III, Siswa SMP 1 Kotamobagu Mengaku Begini Berita Daerah Berita Kotamobagu

Pelaksanaan simulasi UNBK di SMP Negeri 1 Kotamobagu

KOTAMOBAGU– Sebanyak 301 siswa SMP 1 Kotamobagu hari ini kembali mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung di sekolah mereka, Selasa (20/3/2018).

Simulasi UNBK yang digelar menggunakan tiga ruangan, serta peralatan penunjang seperti jaringan internet dan komputer, merupakan simulasi ketiga kalinya bagi mereka.

Gelar Simulasi UNBK Tahap III, Siswa SMP 1 Kotamobagu Mengaku Begini Berita Daerah Berita Kotamobagu

Tampak siswa serius mengerjakan soal-soal UNBK yang ditampilkan melalui layar komputer di hadapan mereka.

Salah seorang siswa peserta UNBK, Geraldi Mawengkang, mengaku senang karena sekolahnya menerapkan penyelenggaraan ujian menggunakan sistem komputer.

Menurut siswa kelas IX A ini simulasi ini menambah pengalaman dan kesiapan pelaksanaan dalam UNBK sesungguhnya.

“Kami senang karena sudah tidak menggunakan metode manual saat ujian nanti. Ini juga sekaligus mengukur kemampuan kami dalam mengerjakan soal-soal UNBK,” ujar Siswa yang hobi menulis puisi ini.

Tak hanya itu, simulasi UNBK ini membuat siswa semakin giat belajar dan antusias dalam mengikuti materi UNBK oleh para guru dan tim IT UNBK SMP 1 Kotamobagu.

“Lebih semangat karena ujian menggunakan sistem komputer ini sangat menantang. Selain itu kami juga lebih terlatih dalam pengoperasian komputer sehingga kami yakin bisa menghadapi UNBK dengan hasil maksimal,” ujar Elvira Pobela, siswi kelas IX B ini.

Kepala SMP 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow, mengatakan, pelaksanaan UNBK saat ini merupakan tahapan terakhir untuk kesiapan pelaksanaan ujian mendatang.

“Kembali digelarnya simulasi tahap III ini, tidak lain agar lebih memantapkan dan membiasakan dalam proses pengisian data dan lainnya sehingga diharapkan mereka sudah terbiasa dan tidak kesulitan saat pelaksanaan UNBK kedepan,” ujar Hendra

Lanjutnya, gladi bersih simulasi UNBK ini, telah memenuhi standar prosedur pelaksanaan UNBK Nasional.

“Simulasi tahap tiga ini digelar sejak kemarin hingga hari ini. Dalam simulasi, siswa diajarkan tata cara pengisian soal ujian nasional¬†berdasarkan standar waktu 120 menit,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu, Rukmi Simbala, mengapresiasi pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah di Kotamobagu.

“Ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan UNBK ini. Saya mengapresiasi usaha dan kerja keras dari Kepala Sekolah dan guru-guru dengan semangat membimbing siswa sehingga sangat siap pada pelaksanaan UNBK nanti. Semoga apa yang kita ikhtiarkan ini bisa mendapat hasil yang maksimal demi kemajuan daerah khususnya di bidang pendidikan,” pungkasnya. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top