Berita Daerah

Jaksa Masuk di SMP Negeri 1 Kotamobagu. AdaApa?

Jaksa Masuk di SMP Negeri 1 Kotamobagu. AdaApa? Berita Daerah Berita Hukum Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Jaksa Masuk di SMP Negeri 1 Kotamobagu. AdaApa? Berita Daerah Berita Hukum Berita Kotamobagu

Salah satu jaksa memberikan pendidikan hukum kepada siswa. (reza)

KOTAMOBAGU– Ratusan siswa SMP Negeri 1Kotamobagu dan gabungan delapan sekolah lainnya mendapat kunjungan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu serta sejumlah jaksa. Kegiatan dipusatkan di Aula SMP Negeri 1 Kotamobagu, Kamis (16/11/2017).

Kunjungan tersebut dalam rangka program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Program ini tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan pencerahan tentang hukum sejak dini terhadap para siswa.

“Program ini digelar untuk menumbuh kembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus. Dan para pelajar memang seharusnya mendapat ilmu hukum sejak dini. Melalui program ini kita mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal keakraban lembaga kejaksaan dan kewenangannya di kalangan pelajar khususnya pelajar, serta kalangan guru,” ujar Kasie Intel Kejari Kotamobagu, Evans Sinulingga, SH, MH.

Ia menjelaskan, di samping fungsi penegakan hukum, pihaknya juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum. Beberapa yang disampaikan dalam paparannya adalah potensi pelanggaran hukum.

“Program JMS ini merupakan program Pemerintah Pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia yang harus diterapkan secara intensif,” ujarnya.

Kepala SMP Negeri 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow mengapresiasi adanya program JMS tersebut. Dengan pemahaman hukum sejak dini kata Hendra, akan membantu proses pembentukan karakter anak bangsa yang berbasis hukum.

“Insya Allah dengan memahami dan menaati hukum anak bangsa akan menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan serta bisa diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan.Kegiatan ini berdampak positif bagi kami selaku guru,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kotamobagu Kadri Bangol, serta seluruh kepala Sekolah SMP se-Kotamobagu. (rez)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top