Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu
Berita Daerah

Jumlah Dokter di Kotamobagu Belum Memenuhi Standar WHO

Jumlah Dokter di Kotamobagu Belum Memenuhi Standar WHO Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Jumlah Dokter di Kotamobagu Belum Memenuhi Standar WHO Berita Daerah Berita Kotamobagu

Haris Mongilong

KOTAMOBAGU- Pemkot Kotamobagu harus bekerja maksimal lagi menambah jumlah dokter umum di daerah ini. Hingga saat ini jumlah dokter umum di Kotamobagu jika mengacu pada ketentuan rasio World Health Organization (WHO), maka belumlah ideal.

Ketentuan WHO, dalam 100 ribu penduduk harus 40 dokter yang siap melayani masyarakat. Sedangkan jumlah tenaga dokter di Kotamobagu hanya 31 orang.

Dari diperoleh, jumlah dokter umum sekitar 25 orang, dokter spesialis 4 orang dan dokter gigi 2 orang. Dari total 31 dokter tersebut, 17 Dokter bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sedangkan sisa lainnya tersebut di Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Abdul Haris Mongilong mengakui itu dan saat ini terus berupaya untuk memenuhi standar pelayanan dengan menambah kebutuhan dokter.

“Meskipun belum mampu mencapai standar rasio jumlah dokter, tapi kami sudah berupaya meningkatkan pelayanan. Awal 2018 kita akan ketambahan 5 Dokter spesialis, sehingga perlahan mendekati jumlah ideal,” kata Mongilong, Jumat (10/11/2017).

Lima dokter spesialis yang akan masuk menambah formasi dokter di Kotamobagu yakni spesialis mata, THT, anak, saraf dan bedah.

“Semoga dengan ketambahan tenaga dokter, kita mampu terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya. (vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top