Berita Bolmong

KPU Bolmong Berencana Gabung Dapil Lolayan-Dumoga

KPU Bolmong Berencana Gabung Dapil Lolayan-Dumoga Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
KPU Bolmong Berencana Gabung Dapil Lolayan-Dumoga Berita Bolmong Berita Daerah

Rully Halaa

BOLMONG– Tahapan Pemilu 2019 sudah mulai jalan. Saat ini sudah masuk pendaftaran dan verifikasi partai politik. Desember mendatang tahapan pengusulan daerah pemilihan (Dapil). Untuk tahapan ini, KPU Bolmong mulai bersiap menyusun pembagian dapil.

Komisioner KPU Bolmong Rully Halaa mengungkapkan, dari 15 kecamatan di Bolmong, kecamatan Lolayan dan Dumoga sangat berpeluang digabung mejadi satu dapil. Alasannya adalah jumlah penduduk.

“Untuk kecamatan Lolayan jumlah penduduknya sampai dengan data Juli 2017 mencapai 27.821 jiwa. Sedangkan jumlah penduduk kecamatan Dumoga tinggal 9.875 jiwa. Totalnya 37.696 jiwa. Jadi bisa digabung menjadi satu dapil,” kata Rully, Minggu (8/10/2017).

Menurutnya, jika itu terwujud maka jumlah kursi yang sebelumnya di dapil Lolayan hanya tiga kursi, bisa menjadi empat kursi.

“Dengan adanya penggabungan dua kecamatan ini menjadi satu dapi, secara otomatis akan menambah jumlah kursi yang awalnya hanya tiga menjadi empat kursi,” terangnya.

Pada Pemilu 2014 lalu, Bolmong terdiri dari enam dapil, yakni Poigar, Sangtombolang, Passi, Lolayan, Lolak, Dumoga Bersatu. (ahr/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top