>
.
Berita Bolmong

Nyamuk Aedes Aegypti Intai Warga Bolmong, Satu Warga Positif DBD

Nyamuk Aedes Aegypti Intai Warga Bolmong, Satu Warga Positif DBD Berita Bolmong Berita Daerah
Sahara Albugis
Kroniktotabuan.com
Pasang Iklan Kronik Totabuan

BOLMONG – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti mulai mengintai masyarakat di wilayah Kabupaten Bolmong.

Hal ini terjadi dikarenakan intensitas curah hujan yang melanda hampir seluruh kawasan Bolmong Raya hingga membuat genangan air menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai melakukan
upaya pencegahan hingga penanganan korban DBD. Satu orang warga, didiagnosa positif DBD.

“Masyarakat harus lebih berhati-hati. Apalagi yang mempunyai anak dibawah umur yang mudah tertular penyakit. Satu orang anak usia 7 tahun di Desa Siniung positif DBD,” ujar Kepala Dinkes Bolmong, Sahara Albugis, Senin (16/4/2018).

Menurutnya, pihak Dinkes mendapatkan informasi kasus yang dicurigai DBD. Selanjutnya akan mengklarifikasi informasi yang masuk di tempat pelayanan dimana pasien dirawat

“Kita sementara menelusuri diagnosa dan melaksanakan Penyelidikan Epidemiologi (PE), menemui pasien dengan menanyakan 12 sebelum demam ada bepergian kemana saja, bersama siapa untuk mengetahui terjangkit dari mana,” ujarnya

Lanjut dikatakan Albugis, pihaknya sedang melakukan survei di radius 100 meter dari rumah penderita untuk mengetahui sejauh mana tingkat terjangkitnya, dengan memeriksa jentik aedes tempat perindukan serta memeriksa penduduk sekitar apakah ada yang demam dan atau gejala yang sama dengan penderita utama.

“Jadi, bila semua data terkumpul lengkap baru kita kaji, menganalisa dan memutuskan langkah yang harus segera dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi setempat. Selanjutnya kita akan melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Galakkan 3Mplus, dan dilakukan fogging,” tuturnya. (rza)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top