Berita Daerah

Pemkot Akan Bantu Polisi Disiplinkan Pengendara  

Pemkot Akan Bantu Polisi Disiplinkan Pengendara    Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com

 

Pemkot Akan Bantu Polisi Disiplinkan Pengendara    Berita Daerah Berita Kotamobagu

Traffic light Jalan Ahmad Yani Kotamobagu.

KOTAMOBAGU– Masih banyak pengendara belum disiplin dan taat rambu lalu lintas meski itu di sekitar traffic light. Karena itu Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memasang alat voice warning (suara imbauan) di setiap traffic light.

Dengan adanya CCTV beresolusi tinggi ditambah voice warning yang dikembangkan, maka seluruh pelanggar lalu lintas di sekitar traffic light bisa langsung ditegur saat itu juga dari ruang data center dan command center. Langkah ini diyakini bisa mendisiplinkan pengendara.

“Ini salah satu indikator smart city. Jadi semua serba cepat. Contohnya begini, jika kendaraan melewati batas zebra croos atau parkir sembarangan di pusat kota, akan ditegur lewat microphone yang terpasang. Suara itu berasal dari ruangan data center yang memantau langsung aktifitas warga di pusat kota,” kata Kepala Data Center Diskominfo Kotamobagu Rudy Yuanto Unu,, Rabu (27/9).

“Contoh lain, misalnya di traffic light ada pengendara tidak pakai helem, atau bonceng lebih dari jumlah ditentukan, langsung kita tegur dari ruang command center dan semua orang di sekitar itu akan dengar,” jelasnya.

Selain mendisiplinkan, Polisi Lalu Lintas juga bisa memberikan sanksi terhadap pelanggar. Data pelanggar mulai dari identitas diri, jenis kendaraan hingga wajah, bisa diketahui.

“Jika sudah rampung semuanya, otomatis hasil rekaman deteksi pelanggar itu akan terintegrasi dengan Satlantas Polres Bolmong. Sehingga bisa saja pelanggar akan ditilang di rumahnya berdasarkan bukti yang terekam. Mulai dari nomor polisinya, wajah dan biodatanya lengkap,” pungkasnya. (rez/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top