.
Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri
Berita Daerah

Pernikahan di Bawah Umur Marak di Kotamobagu

Pernikahan di Bawah Umur Marak di Kotamobagu Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Pernikahan di Bawah Umur Marak di Kotamobagu Berita Daerah Berita Kotamobagu

Kantor Pengadilan Agama Kotamobagu

KOTAMOBAGU– Pernikahan anak di bawah umur marak terjadi di Kotamobagu. Ini bisa dilihat dari data yang dirilis Kantor Pengadilan Agama (PA) Kotamobagu, sepanjang 2017 ini telah tercatat 33 perkawinan anak di bawah umur.

Meski perkawinan di bawah dilarang oleh undang-undang, namun pihak pengadilan terpaksa harus menyetujui perkawinan tersebut karena rata-rata alasan mereka hamil diluar nikah.

“Namanya dispensasi nikah. Yang mengajukan permohonan ini masih terlalu muda. Seharusnya tidak dibolehkan hingga batas usia yang ditentukan menurut peraturan pemerintah maupun agama,” kata Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Kotamobagu Abdul Munir Makka, Rabu (27/9).

Lanjutnya, perkawinan di bawah umur yang ditangani pihak pengadilan didominasi permintaan pihak perempuan.

“Pihak perempuan yang melakukan permohonan nikah ini. Kalau yang laki-laki, ada yang masih di bawah umur, ada juga yang sudah cukup umur atau dewasa,” ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Kotamobagu Tatong Bara menegaskan, agar para orang tua senantiasa menjaga dan mengawasi anak-anaknya agar terhindar dari pergaulan bebas.

“Pernikahan dini terjadi karena pergaulan bebas. Ini harus kita seriusi. Masa depan anak kita menjadi taruhannya sehingga penting untuk mengawasi dan memberikan pembinaan yang baik bagi anak-anak,” kata Tatong. (rez/vdm)

 

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top