Berita Daerah

Perwako Nomor 22 Tahun 2017 Dikeluarkan

Kroniktotabuan.com
Perwako Nomor 22 Tahun 2017 Dikeluarkan Berita Daerah Berita Kotamobagu

Tatong Bara

KOTAMOBAGU- Walikota Kotamobagu Tatong Bara telah mengeluarkan peraturan walikota (Perwako) Nomor 22 Tahun 2017 tentang kerja keras akta kematian cepat dan tepat waktu untuk warga Kotamobagu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu, Virgina Olii menjelaskan, program untuk pencatatan sipil yang baik atau yang baru lahir memang sudah ada. Akankah sudah memiliki ayung humkum dengan Perwako.

“Jadi Perwako itu adalah membayar hukum untuk menunjang program ini. Tidka butuh lama proses bangun akte mati cepat dan tapat waktu dan langsung di rumah duka usai pelaksanaan ibadah pemakaman, “jelas Virgina.

Virgina menambahkan, bangun akte kematian oleh keluarga atau ahli waris bisa untuk mengurus Taspen, perawatan warisan, klaim asuransi dan syarat jika salah pihak yang melakukan pernikahan.

“Jadi dengan dikeluarkannya akta kematian terhadap warga, otomatis data warga tersebut terhapus dalam data kependuduka,” jelasnya.

Untuk pencatatan di data base dalam isi akte kematian, Dukcapil menerima laporan lebih dulu dari pemerintah desa / kelurahan, kemudian turun ke lokasi dan meminta dokumen kelengkapan berkas sambil cek kebenaran kejadian kematian. Setelah semua terpenuhi prosesnya akan langsung.

Virgina kekerasan akan terus mengotimalkan peningkatan pelayanan publik serta mewujudkan tertib administrasi kependudukan. Selain itu percepatan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan kemudahan proses pelaporan kejadian kematian menjadi hal yang utama.

“Hal ini terus akan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, mengingat perwakonya sudah ditanda tangani Walikota Tatong Bara,” paparnya.

Prosesnya alias tidak dipungut biaya alias gratis, sebagai komitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Ia menghimbau kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa agar segera terjadi setiap kejadian kejadian duka di wilayah masing-masing. (vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top