.
Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri
Berita Daerah

Ratusan Perempuan Kotamobagu Menangis di Peringatan Hari Kartini

Ratusan Perempuan Kotamobagu Menangis di Peringatan Hari Kartini Berita Daerah Berita Kotamobagu
Unjuk rasa perempuan kotamobagu tentang peleccehan dan kekerasan terhadap perempuan
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Ratusan perempuan dari berbagai profesi dan perwakilan organisasi perempuan se-Kotamobagu,  mengelar aksi damai di lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu, Rabu (25/4/2018).

Aksi damai tersebut dilakukan usai pelaksanaan Upacara peringatan Hari Kartini ke-139.

Dalam aksi tersebut, ratusan perempuan membawa spanduk dan famplet bertuliskan penolakan pelecehan terhadap perempuan.

Menariknya, saat Ketua PKK Kotamobagu dan Ketua Organisasi Swara  Bobato Erni Tungkagi berorasi, semua yang hadir menagis. Mereka menyayangkan sikap oknum yang melakukan pelecehan terhadap perempuan melalui media sosial beberapa waktu lalu.

“Kaum perempuan juga manusia, kemerdekaan dan pembangunan bangsa ini tidak lepas dari perjuangan kaum perempuan, bukan hanya keringat yang diberikan kaum perempuan namun tetesan darah kaum perempuan turut mewarnai kebangkitan bangsa ini. Lantas kenapa sampai saat ini masih ada saja yang tidak menghargai posisi kami bahkan cenderung mengangkap sebelah mata,” kata Erni Tungkagi.

Mereka juga mendesak, agar Polres Bolmong dapat mengusut tuntas pelaku dugaan pelecehan tersebut berinisial AH alias Awie.

“Kami meminta pelaku bisa diberikan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya. Kami juga manusia yang memiliki hak serta perasaan,” katanya.

Ketua PKK Kotamobagu, Junikesumawati Mokoginta Paputungan menambahkan, aksi tersebut adalah bentuk refleksi peringatan hari Kartini.

“Kami seharusnya dilindungi, bukan dihina atau dilecehkan. Kami memiliki perasaan bukan untuk dipermainkan. Kami perempuan juga memiliki peran penting dalam kehidupan, karena naluri seorang ibu dan perempuan sangat peka dibandingkan kaum laki-laki,” keluhnya

Diketahui, turut menyaksikan aksi damai tersebut, Pjs Walikota, Kapolsek Urban Kotamobagu, Ketua DPRD Kotamobagu, hingga perwakilan organisasi perempuan. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top