Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Jumat (20/11/2020), di Hotel Grand Luley Manado.

Dasar pelaksanaan Bimtek SIPD ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 90 tahun 2019, tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan daerah.

Mewakili Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang membuka kegiatan tersebut.

Tahlis saat sambutanya mengapresiasi pelaksanaan yang dilgagas BKD Bolmong. Menurutnya, melalui aplikasi SIPD, kondisi daerah bisa terpantau. Bisa menjadi bahan evaluasi, bisa terpantau daerah yang sering melakukan pergeseran artinya tidak matang dalam perencanaannya.

“Tentunya kami berterima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Kalau dulunya kita menggunakan aplikasi yang berbeda-beda, namun untuk tahun 2021 nanti disatukan dalam satu aplikasi SIPD,” ujar Tahlis.

Tahlis menambahkan, dengan aplikasi SIPD, Kemendagri bisa memantau secara langsung ke masing-masing daerah. Kemendagri bisa melihat secara langsung dana transfer ke daerah, Kemendagri juga bisa memantau secara langsung evaluasi ke daerah-daerah.

Tahlis berharap agar BKD Bolmong bisa lebih maksimal dan baik lagi dalam mengelola sistem informasi.

Sementara itu, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling saat memberikan sambutan, menyampaikan dan mengingatkan pentingnya mematuhi prokotol kesehatan, dengan tetap menerapkan 3M guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan Bimtek SIPD ini.

“Kita saat ini tengah dalam situasi pandemi. Saya harap bisa dapat diperhatikan yang menjadi ketentuan sesuai dengan protokoler kesehatan,” ungkap Welty.

Dalam laporanyabKepala Badan Keuangan (BKD) Rio Lombone meyampaikan jumlah peserta, serta pemateri yang akan menjelaskan tentang SIPD.

“Peserta berjumlah 108 orang. yang terdiri dari Kasubag Program dan operator di masing-masing SKPD,” kata Rio.

Bimtek ini melibatkan pemateri dari Direktorat Bina Bangsa Kemendagri. Di antaranya Kasi Wilayah 1 Subdit Dukungan Teknis Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah Yanuar Andriyana Putra, dan  Ketua Tim IT SIPD Dj Gagat Sidi Wahono.

Hadir juga di pembukaan Bimtek ini Wakil Ketua Syukron Mamonto, Wakil Ketua Abdul Kadir Mangkat dan para anggota BANGGAR DPRD Bolmong, serta para pimpinan SKPD. (*)

Silahkan Berkomentar dengan Bijak, Menggunakan Akun Facebook Anda :

To Top