Senin, 18 Desember 2017
Tetaplah Terhubung dengan Kami : RSS/Feed Facebook Twitter

Depan » Bolmong, Daerah » Selangkah Lagi KUD Perintis Tanoyan Kantongi CnC
Jumat 24 November 2017, 11:24 AM - Editor: admin

Selangkah Lagi KUD Perintis Tanoyan Kantongi CnC


Presentasi RKAB oleh pengurus KUD Perintis Tanoyan di Kantor Dinas ESDM Provinsi Sulut.

BOLMONG– Koperasi Unit Desa (KUD) Perintis Tanoyan mulai memenuhi persyaratan usaha tambang sebagaimana diwajibkan pemerintah. Salah satunya adalah wajib mendapat sertifikasi clean and clear (CnC) untuk mendapatkan rekomendasi eksportir terdaftar (ET).

Jumat (24/11/2017) tadi siang, KUD Perintis melakukan presentasi Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) pertambangan tahun 2018 di Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Presentasi ini salah satu langkah mendapatkan sertifikasi CnC.

Sekertaris KUD Perintis, Abdul Rifai Manggo mengatakan, presentasi RKAB berjalan lancar . “Dihadiri langsung kepala dinas, para kepala bidang,  kepala seksi dan tujuh orang inspektur tambang Provinsi Sulut,” ungkap Manggo.

Senada dikatakan Bendahara KUD Perintis, Syarif Alimudin. “Presentasi RKAB bagian dari persyaratan untuk mendapatkan CnC  KUD Perintis. Alhamdulillah berjalan lancar ,” ujar Syarif.

Seperti diketahui, sertifikasi CnC merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi pelaku usaha tambang. Hal itu merupakan tata tertib administrasi dan wilayah tambang agar tidak mengalami tumpang tindih. “Jika tidak mengantongi CnC maka secara hukum tidak memenuhi syarat,” jelas Syarif.

Sertifikat CnC merupakan peryaratan yang wajib dimiliki oleh pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP). Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM tidak lagi mengurusi penerbitan CnC lantaran kewenangan itu sudah dilimpahkan ke pemerintah daerah. (ahr)




Redaksi: kroniktotabuan@gmail.com
Untuk pemasangan iklan hubungi:
081242786657